CGP

KEEP STUDYING SOCIAL STUDIES AND GEOGRAPHY WITH KUSRINAWATI,S.Si

12 Feb 2021

YOUTUBER DADAKAN

 

    Indonesia mengonfirmasi kasus pertama infeksi virus covid-19 pada awal Maret 2020. Sejak itulah segala upaya penanggulangan penyebaran covid-19 terus dilakukan oleh Pemerintah. Pandemi covid-19 ini berdampak pada semua sektor kehidupan. Tidak hanya sektor kesehatan tetapi juga berdampak pada sektor pendidikan. Hal ini karena adanya pembatasan aktifitas secara berkelompok yang menyebabkan sektor pendidikan harus menonaktifkan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

    Pemberlakuan belajar di rumah menyebabkan kepanikan tersendiri. Kebingungan menerpa peserta didik, wali murid bahkan guru. Kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi alternatif terbaik untuk menangkal penyebaran virus covid-19 ini. Pembelajaran jarak jauh ini terdiri dari daring dan luring. PJJ daring secara khusus menggabungkan teknologi elektronik dan teknologi berbasis internet. Sementara PJJ luring dilakukan melalui siaran televisi, radio, modul belajar mandiri, bahan cetak maupun media belajar dari benda di lingkungan sekitar.

    PJJ luring di Kabupaten Serang melalui siaran televisi lokal yaitu Banten TV pernah dilakukan. Tetapi hanya mata pelajaran matematika, IPA dan Bahasa Inggris saja. Sehingga mata pelajaran lain belum terpenuhi. Guru mencoba menyediakan modul yang disusun sendiri dan penyebarannya dilakukan melalui WA Grup. Dan ini cukup efektif.

    PJJ daring juga perlu dilakukan mengingat orangtua siswa yang merasa kebingungan saat mendampingi anaknya dalam belajar di rumah. Wali murid menginginkan guru juga bisa menjelaskan secara langsung tentang materi pelajaran. Beberapa cara dilakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi meet, zoom, maupun webex sebagai sarana tatap muka. 

    Permasalahan baru pun muncul. Banyak siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan tatap muka virtual tepat waktu. Sehingga mereka pun tertinggal saat guru memberikan penjelasan. Muncullah ide dari guru untuk memberikan beberapa link materi pelajaran yang ada di  youtube. Awalnya semua berjalan lancar.

    Penggunaan link video youtube menuai beberapa protes dari orangtua murid. Hal ini dikarenakan ada guru yang memberikan link video youtube lebih dari 2 dan durasinya panjang. Selain itu, video tersebut bukanlah buatan guru itu sendiri, melainkan buatan orang lain. Akhirnya guru terpacu untuk membuat video pembelajaran sendiri. Akibat pandemi ini membuat guru harus membuat video pembelajaran setiap minggunya dan diupload di youtube.  Guru pun menjadi youtuber dadakan.

    Kreatifitas guru semakin meningkat dan materi video di youtube pun semakin indah dan komunikatif. Siswa jadi merasa belajar langsung dengan gurunya. Pandemi covid-19 ini ternyata tidak hanya menimbulkan hal negatif, tetapi juga positif. Kemampuan guru dalam hal IT dan penguasaan materi pelajaran semakin meningkat pesat. Dan siswa pun menjadi lebih mandiri untuk mengeksplor pelajaran. 

    Mari kita tingkatkan kemampuan dan kreatifitas kita sebagai guru youtuber....Semangat



BY KUSRINAWATI

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes