TUGAS MODUL 1.4.a.10.2
AKSI NYATA - BUDAYA POSITIF - FORUM BERBAGI AKSI NYATA
Oleh
KUSRINAWATI, S.Si.
(CGP ANGKATAN 4 KAB SERANG BANTEN)
Latar Belakang
Pada pelajaran IPS, banyak hal-hal ilmu sosial
yang membutuhkan konsentrasi serta pemahaman dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari. Sehingga dalam proses
pembelajarannya diperlukan suasana belajar yang menyenangkan serta kondusif
agar apa yang dipelajari bisa dipahami serta diterapkan langsung oleh siswa
dalam kehidupan nyata. Pembelajaran kondusif dan menyenangkan bisa dibentuk
dengan adanya lingkungan kelas yang nyaman, bersih serta indah. Kedisiplinan
siswa dalam belajar juga diperlukan untuk meningkatkan efektifitas
pembelajaran. Disiplin dalam hal waktu, mengumpulkan tugas, serta disiplin
sesuai dengan jadwal setiap harinya baik itu mata pelajaran maupun piket
kebersihan kelas. Kebiasaan berdoa sebelum belajar serta bersikap santun terhadap
guru juga merupakan salah satu hal yang bisa dikembangkan menjadi budaya
positif. Sekolah seyogyanya berusaha menciptakan iklim
pendidikan yang mampu membiasakan setiap
warganya melakukan budaya atau kebiasaan yang positif. Semua pihak harus
terlibat dalam pembiasaan tersebut. Budaya yang dipegang teguh oleh seluruh
warga sekolah dan menajdi kekhasan dari sekolah. Budaya tersebut harus
terintegrasi dalam seluruh kegiatan sekolah baik dalam pra pembelajaran, proses
pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Jika budaya positif mengakar dalam
setipa diri peserta didik, maka Profil Pelajar Pancasila akan terwujud.
REFLEKSI PELAKSANAAN BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH :
1. Murid melakukan kegiatan-kegiatan dengan sukarela dan merasa senang. Sehingga kegiatan dapat terlaksana secara konsisten
2. Kesepakatan kelas dilaksanakan dan ditaati oleh murid dan diterapkan secara berkelanjutan.
3. Murid tidak terbebani dengan semua kegiatan budaya positif yang dilakukan di sekolah, bahkan murid merasa bahagia dan senang karena merasa lebih damai dan nyaman dalam proses pembelajaran