CGP

KEEP STUDYING SOCIAL STUDIES AND GEOGRAPHY WITH KUSRINAWATI,S.Si

9 Mar 2021

KISI-KISI PTS IPS KELAS 9 SEMESTER GENAP

 



Indikator Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 9 IPS Genap

  1. Peserta didik dapat menentukan letak Indonesia. (C3)
  2. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis potensi kemaritiman Indonesia. (C4)
  3. Peserta didik dapat menentukan dinamika kependudukan Indonesia. (C3)
  4. Peserta didik dapat menjelaskan Perubahan akibat interaksi antar ruang. (C3)
  5. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis interkasi sosial. (C4)
  6. Peserta didik dapat menentukan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial. (C3)
  7. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik Peserta didik dapat menganalisis Kelangkaan dan kebutuhan manusia. (C4)
  8. Peserta didik dapat membedakan Permintaan, penawaran, pasar dan harga. (C2)
  9. Peserta didik dapat menganalisis Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi. (C4)
  10. Peserta didik dapat menjelaskan Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa. (C2)
  11. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan manusia pada masa praaksara. (C2)
  12. Peserta didik dapat menjelaskan proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. (C2)
  13. Peserta didik dapat menjelaskan proses persebaran Islam di Indonesia. (C1)
  14. Disajikan Peta peserta didik dapat menganalisis Letak Geografis negara-negara Asean. (C4)
  15. Peserta didik dapat mengidentifikasi Pengaruh kerjasama bidang Eksospolped. (C3)
  16. Peserta didik dapat mengidentifikasi Upaya meningkatkan kerjasama diantara Negara-negara Asean. (C3)
  17. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh perkembangan Iptek terhadap perubahan ruang. (C4)
  18. Peserta didik dapat mengidentifikasi Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial. (C2)
  19. Peserta didik dapat menjelaskan Dampak mobilitas sosial. (C1)
  20. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pluralitas masyarakat Indonesia (agama, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan). (C4)
  21. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial. (C4)
  22. Peserta didik dapat membedakan Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian. (C3)
  23. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis manfaat Perdagangan daerah/antar pulau. (C4)
  24. Peserta didik dapat menganalisis strategi pengembangan agrikultur di Indonesia. (C4)
  25. Peserta didik dapat menentukan reditribusi vertikal dan horizontal. (C3)
  26. Peserta didik dapat Menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia. (C2)
  27. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh monopoli perdagangan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
  28. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh system tanam paksa terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
  29. Peserta didik dapat Menjelaskan Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. (C2)
  30. Disajikan peta, peserta didik dapat menunjukkan letak geografis kawasan negara-negara ASEAN. (C2)
  31. Peserta didik dapat menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam kawasan Benua Amerika. (C2)
  32. Peserta didik dapat menentukan kondisi alam Negara Jepang. (C3)
  33. Peserta didik dapat menentukan kondisi alam Negara Australia. (C3)
  34. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Eropa. (C3)
  35. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Afrika. (C3)
  36. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh interaksi ruang antar Negara terhadap kehidupan (Ekonomi, sosial dan Budaya). (C4)
  37. Peserta didik dapat membedakan bentuk perubahan sosial. (C3)
  38. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis dampak globalisasi. (C4)
  39. Peserta didik dapat mengemukakan upaya dalam menghadapi Globalisasi. (C3)
  40. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis faktor Penghambat perdagangan internasional. (C4)
  41. Peserta didik dapat mengklasifikasi manfaat perdagangan Internasional. (C3)
  42. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif. (C4)
  43. Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi Bangsa. (C3)
  44. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis pengaruh pusat keunggulan ekonomi. (C4)
  45. Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan utama MEA. (C1)
  46. Peserta didik dapat membandingkan bentuk globalisasi bidang budaya. (C3)
  47. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer. (C2)
  48. Peserta didik dapat mengidentifikasi perkembangan ekonomi Indonesia pada masa demokrasi terpimpin. (C2)
  49. Peserta didik dapat mengidentifikasi perkembangan politik Indonesia pada masa Orda Baru. (C2)
  50. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis tentang lahirnya gerakan reformasi. (C4)

 

8 Mar 2021

KONFERENSI CABANG PGRI KECAMATAN KRAMATWATU


     Hari ini tanggal 8 Maret 2021 saya mendapatkan tugas dari Kepala Sekolah untuk mewakili beliau dalam acara Konferensi Cabang PGRI Kecamatan Kramatwatu yang diselenggarakan di Gedung PGRI Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Tempat konferensi cukup dekat hanya sekitar 1km dari tempat tinggal saya. Acara Konferensi ini dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Peserta Konferensi ini tidak sampai 50 orang. Hal ini dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang masih menghantui, sekaligus mengantisipasi penyebaran covid-19.

    Konferensi Cabang PGRI Kramatwatu ini  memiliki 3 agenda yang harus diselesaikan, yaitu :

  1. Menyampaikan Laporan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu Periode 2015-2020
  2. Pemilihan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu Periode 2020-2025
  3. Menentukan Program Kerja PGRI Kecamatan Kramatwatu untuk masa bakti 2020-2025
    Tugas PGRI sebagai lembaga adalah untuk melakukan perlindungan hukum dan profesi bagi para anggotanya. PGRI Provinsi Banten telah penyiapkan 12 pengacara untuk membantu guru yang sedang mengalami/bermasalah dengan hukum. Untuk menghindari guru terlibat dalam permasalahan hukum, Pengurus PGRI Kabupaten Serang dalam sambutannya mengatakan "Hiduplah Berdasarkan Kebutuhan, Jangan Hidup Berdasarkan Keinginan". Hal ini seolah mengingatkan kita sebagai manusia untuk selalu bersyukur dan bersikap sederhana dalam kehidupan. Guru sebagai pendidik harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Meningkatkan profesionalitasnya sebagai Guru
  2. Guru tidak boleh berhenti belajar, berinovasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan
  3. Guru memastikan bahwa peserta didik memperoleh haknya dalam belajar
  4. Guru melaksanakan TUPOKSI yang optimal. Membuat desain pembelajaran jarak jauh yang menarik bagi siswa dan melaksanakan tugas-tugasnya di sekolah
  5. Guru harus bisa menguasai IT/teknologi serta meningkatkan kemampuan diri dalam mendesain pola pembelajaran dengan inovasi secara berkelanjutan 
    Konferensi Cabang PGRI Kramatwatu ini juga dihadiri oleh Ketua PGRI Provinsi Banten, yaitu H. Muhtadi, M.Pd. Di dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa di dalam memilik Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Memilih Pengurus yang berkompeten dan berdedikasi
  • Pengurus memiliki kompetensi dan mutu yang lebih bagus agar tidak tergerus kemajuan jaman. Pengurus harus menguasai teknologi/IT agar bisa tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswa di masa pandemi
    Karakter peserta didik yang baik itu bisa diciptakan oleh pendidik. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik harus betul-betul melaksanakan TUPOKSI sebagai guru dengan sungguh-sungguh. Tauladan guru harus bisa ditularkan kepada peserta didik. 

    Laporan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu periode 2015-2020 disampaikan oleh Ketuanya yaitu Bapak H. Ahmad Ridho, S.Pd., M.Pd. Konferensi Cabang PGRI Kramatwatu ini telah memilih dan menetapkan pengurus baru periode 2020-2025, sebagai berikut:

  1. Ketua : Ahmad Mugni, S.Pd
  2. Wakil Ketua 1 : Sajan Pranoto, S.Pd
  3. Sekretaris Umum : M. Sukriono, S.Pd
  4. Wakil Sekretaris Umum : Gufroni, S.Pd
  5. Bendahara : Dra. Hj. Suciati, M.Pd
  6. Sekretaris Bidang :
  • Organisasi dan Kaderisasi : Yeni Nuraeni, M.Pd
  • Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan : Nawiyah, S.Pd
  • Informasi dan Komunikasi : Luhis, S.Pd
  • Penelitian dan Pengembangan : Hendra Wahyudi, S.Pd
  • Pendidikan dan Pelatihan : Lusi Mariawati, M.Pd
  • Hubungan Kerjasama Antar Lembaga : H. Ade Tursilawati, M.Pd
  • Pengembangan Karir dan Profesi : Husaeni, M.Pd
  • Kerohanian : TB Sahri, S.Pd
  • Pemberdayaan Perempuan : Hj. Nunung Jubaedah, M.Pd
  • Pengembangan Seni, Budaya dan Olahraga : Dian Hendriana, S.Pd
  • Pengabdian Masyarakat : Habib, S.Pd
  • Advokasi dan Perlindungan Hukum : Amirullah, S.Pd

Pelantikan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu Periode 2020-2025

Itulah hasil dari Konferensi Cabang PGRI Kecamatan Kramatwatu tanggal 8 Maret 2021. Pelantikan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu Periode 2020-2025 dilakukan secara langsung setelah selesainya pemilihan. Semoga pengurus PGRI Periode 2020-2025 bisa terus meningkatkan kesejahteraan guru dan melindungi hak-hak guru. Jayalah PGRI....

7 Mar 2021

QUOTE OF THE DAY

    Menulis adalah merangkai huruf menjadi kata dan kalimat yang bermakna untuk menyampaikan pesan, ide, gagasan, pemikiran, atau informasi. Di era internet saat ini, kita bisa memiliki media sendiri untuk sarana publikasi tulisan agar dibaca orang banyak, yaitu blog. Yang belum punya blog, silakan buka cara membuat blogMotivasi dan inspirasi menulis (niat menjadi penulis) bisa datang kepada seseorang "hanya" melalui kata-kata mutiara.

    Kata mutiara "the only person you should try to be better than is who the person you were yesterday" yang artinya "Satu-satunya orang yang harus Anda coba menjadi lebih baik darinya adalah Anda yang kemarin" (Matty Mullins). Kata mutiara tersebut disebut juga dengan "QUOTE".  Quote adalah kutipan dari sebuah teks atau pidato yang biasa kita ditemui di sebuah ilustrasi.

    Tujuan quote bermacam-macam. Dalam bidang akademis, kegunaan quote dipakai untuk mendukung argumen atau pendapat dari penulis. Pada ilustrasi atau poster, quote yang berupa kata-kata bijak bertujuan untuk memberi motivasi, inspirasi, pengingat, dan lainnya yang berkaitan dengan gambar yang ada (sumber kompas.com).


TUGAS DIKLAT PENGGUNAAN CANVA UNTUK PJJ

6 Mar 2021

HIKMAH MENULIS



     Sebulan penuh tepatnya mulai tanggal 1-28 Februari 2021 aku mengikuti kegiatan Lomba Blog PGRI Februari 2021. Setelah selesai tantangan menulis artikel di blog, aku berusaha untuk membuat postingan dengan menulis beberapa artikel pendek.

    Hasil tulisan selama bulan Februari 2021 Insya Allah akan diterbitkan di bulan Maret 2021. Berkah dari lomba ini sangat banyak. Aku menjadi lebih mengenal berbagai penulis yang ternyata sangat keren tulisannya. Mereka selalu menyempatkan diri menulis setiap harinya. Segala aktifitas dalam kehidupan bisa dituangkan menjadi tulisan yang sangat nikmat untuk dibaca.

    Mengenal Bapak Thamrin Dahlan sebagai Pendiri Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) tentunya sesuatu yang sangat spesial dalam kehidupanku. Bahkan bisa memiliki nomer kontak beliau membuatku sangat tersanjung. Beliau sangat welcome dan mendukung segala aktifitas tentang menulis. Beliau juga yang telah memfasilitasi pencetakan buku peserta Lomba Blog PGRI secara gratis bahkan ber-ISBN. Luar biasa sekali dedikasi beliau kepada penulis amatiran sepertiku. Terimakasih Bapak Thamrin Dahlan dan Pak Wijaya Kusumah atas segala motivasi yang diberikan untuk mendukung kreatifitas kami dalam menulis. Dan kejutan tidak hanya sampai disini. Akibat isi blog yang setiap hari ada postingan tulisan, Alhamdulillah blogku sudah dalam taraf dipersiapkan menjadi situs dan menerima iklan dari Adsense. Luar biasa...






 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes