Indikator Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 9
IPS Genap
- Peserta didik dapat menentukan
letak Indonesia. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis potensi
kemaritiman Indonesia. (C4)
- Peserta didik dapat menentukan dinamika
kependudukan Indonesia. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan
Perubahan akibat interaksi antar ruang. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis interkasi sosial.
(C4)
- Peserta didik dapat menentukan
pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik Peserta didik dapat menganalisis Kelangkaan dan
kebutuhan manusia. (C4)
- Peserta didik dapat membedakan
Permintaan, penawaran, pasar dan harga. (C2)
- Peserta didik dapat menganalisis
Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi. (C4)
- Peserta didik dapat menjelaskan
Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan
dan persatuan bangsa. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan
Kehidupan manusia pada masa praaksara. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan
proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan
proses persebaran Islam di Indonesia. (C1)
- Disajikan Peta peserta didik
dapat menganalisis Letak Geografis negara-negara Asean. (C4)
- Peserta didik dapat
mengidentifikasi Pengaruh kerjasama bidang Eksospolped. (C3)
- Peserta didik dapat
mengidentifikasi Upaya meningkatkan kerjasama diantara Negara-negara
Asean. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh
perkembangan Iptek terhadap perubahan ruang. (C4)
- Peserta didik dapat
mengidentifikasi Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan
Dampak mobilitas sosial. (C1)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pluralitas
masyarakat Indonesia (agama, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan). (C4)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Konflik dan
integrasi dalam kehidupan sosial. (C4)
- Peserta didik dapat membedakan
Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis manfaat
Perdagangan daerah/antar pulau. (C4)
- Peserta didik dapat
menganalisis strategi pengembangan agrikultur di Indonesia. (C4)
- Peserta didik dapat menentukan
reditribusi vertikal dan horizontal. (C3)
- Peserta didik dapat Menjelaskan
latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia. (C2)
- Peserta didik dapat Menjelaskan
Pengaruh monopoli perdagangan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia.
(C3)
- Peserta didik dapat Menjelaskan
Pengaruh system tanam paksa terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
- Peserta didik dapat Menjelaskan
Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. (C2)
- Disajikan peta, peserta didik
dapat menunjukkan letak geografis kawasan negara-negara ASEAN. (C2)
- Peserta didik dapat menyebutkan
negara-negara yang termasuk dalam kawasan Benua Amerika. (C2)
- Peserta didik dapat menentukan
kondisi alam Negara Jepang. (C3)
- Peserta didik dapat menentukan
kondisi alam Negara Australia. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan
keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Eropa. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan
keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Afrika. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh interaksi
ruang antar Negara terhadap kehidupan (Ekonomi, sosial dan Budaya). (C4)
- Peserta didik dapat membedakan
bentuk perubahan sosial. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis dampak
globalisasi. (C4)
- Peserta didik dapat mengemukakan
upaya dalam menghadapi Globalisasi. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis faktor
Penghambat perdagangan internasional. (C4)
- Peserta didik dapat
mengklasifikasi manfaat perdagangan Internasional. (C3)
- Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik
peserta didik dapat menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif. (C4)
- Peserta didik dapat
mengidentifikasi manfaat persaingan sebagai peluang untuk meraih
keunggulan ekonomi Bangsa. (C3)
- Disajikan
Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis pengaruh pusat
keunggulan ekonomi. (C4)
- Peserta didik dapat
mengidentifikasi tujuan utama MEA. (C1)
- Peserta didik dapat
membandingkan bentuk globalisasi bidang budaya. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan
Kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer. (C2)
- Peserta didik dapat
mengidentifikasi perkembangan ekonomi Indonesia pada masa demokrasi
terpimpin. (C2)
- Peserta didik dapat
mengidentifikasi perkembangan politik Indonesia pada masa Orda Baru. (C2)
- Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik,
peserta didik dapat menganalisis tentang lahirnya gerakan reformasi. (C4)