CGP

KEEP STUDYING SOCIAL STUDIES AND GEOGRAPHY WITH KUSRINAWATI,S.Si

9 Mar 2021

KISI-KISI PTS IPS KELAS 9 SEMESTER GENAP

 



Indikator Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 9 IPS Genap

  1. Peserta didik dapat menentukan letak Indonesia. (C3)
  2. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis potensi kemaritiman Indonesia. (C4)
  3. Peserta didik dapat menentukan dinamika kependudukan Indonesia. (C3)
  4. Peserta didik dapat menjelaskan Perubahan akibat interaksi antar ruang. (C3)
  5. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis interkasi sosial. (C4)
  6. Peserta didik dapat menentukan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial. (C3)
  7. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik Peserta didik dapat menganalisis Kelangkaan dan kebutuhan manusia. (C4)
  8. Peserta didik dapat membedakan Permintaan, penawaran, pasar dan harga. (C2)
  9. Peserta didik dapat menganalisis Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi. (C4)
  10. Peserta didik dapat menjelaskan Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa. (C2)
  11. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan manusia pada masa praaksara. (C2)
  12. Peserta didik dapat menjelaskan proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. (C2)
  13. Peserta didik dapat menjelaskan proses persebaran Islam di Indonesia. (C1)
  14. Disajikan Peta peserta didik dapat menganalisis Letak Geografis negara-negara Asean. (C4)
  15. Peserta didik dapat mengidentifikasi Pengaruh kerjasama bidang Eksospolped. (C3)
  16. Peserta didik dapat mengidentifikasi Upaya meningkatkan kerjasama diantara Negara-negara Asean. (C3)
  17. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh perkembangan Iptek terhadap perubahan ruang. (C4)
  18. Peserta didik dapat mengidentifikasi Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial. (C2)
  19. Peserta didik dapat menjelaskan Dampak mobilitas sosial. (C1)
  20. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pluralitas masyarakat Indonesia (agama, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan). (C4)
  21. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial. (C4)
  22. Peserta didik dapat membedakan Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian. (C3)
  23. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis manfaat Perdagangan daerah/antar pulau. (C4)
  24. Peserta didik dapat menganalisis strategi pengembangan agrikultur di Indonesia. (C4)
  25. Peserta didik dapat menentukan reditribusi vertikal dan horizontal. (C3)
  26. Peserta didik dapat Menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia. (C2)
  27. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh monopoli perdagangan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
  28. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh system tanam paksa terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
  29. Peserta didik dapat Menjelaskan Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. (C2)
  30. Disajikan peta, peserta didik dapat menunjukkan letak geografis kawasan negara-negara ASEAN. (C2)
  31. Peserta didik dapat menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam kawasan Benua Amerika. (C2)
  32. Peserta didik dapat menentukan kondisi alam Negara Jepang. (C3)
  33. Peserta didik dapat menentukan kondisi alam Negara Australia. (C3)
  34. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Eropa. (C3)
  35. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Afrika. (C3)
  36. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh interaksi ruang antar Negara terhadap kehidupan (Ekonomi, sosial dan Budaya). (C4)
  37. Peserta didik dapat membedakan bentuk perubahan sosial. (C3)
  38. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis dampak globalisasi. (C4)
  39. Peserta didik dapat mengemukakan upaya dalam menghadapi Globalisasi. (C3)
  40. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis faktor Penghambat perdagangan internasional. (C4)
  41. Peserta didik dapat mengklasifikasi manfaat perdagangan Internasional. (C3)
  42. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif. (C4)
  43. Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi Bangsa. (C3)
  44. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis pengaruh pusat keunggulan ekonomi. (C4)
  45. Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan utama MEA. (C1)
  46. Peserta didik dapat membandingkan bentuk globalisasi bidang budaya. (C3)
  47. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer. (C2)
  48. Peserta didik dapat mengidentifikasi perkembangan ekonomi Indonesia pada masa demokrasi terpimpin. (C2)
  49. Peserta didik dapat mengidentifikasi perkembangan politik Indonesia pada masa Orda Baru. (C2)
  50. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis tentang lahirnya gerakan reformasi. (C4)

 

0 komentar:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes