CGP

KEEP STUDYING SOCIAL STUDIES AND GEOGRAPHY WITH KUSRINAWATI,S.Si

14 Mar 2021

RINGKASAN MATERI PTS IPS KELAS 9

 

  1. Peserta didik dapat menentukan letak Indonesia. (C3)`

Letak geologis Indonesia sebagai berikut:  Indonesia dilalui oleh dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik.  Indonesia terletak pada pertemuan lempeng lithosfer, yaitu lempeng Indo – Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

  1. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis potensi kemaritiman Indonesia. (C4)

Sumber daya laut Indonesia Mengutip Kemdikbud RI, luas laut Indonesia mencakup 2/3 dari seluruh luas wilayah Indonesia, sekitar 5,8 juta kilometer persegi. Di dalam laut ada potensi sumber daya laut berupa ikan, bahan tambang, hutan mangrove, terumbu karang, dan lain-lain. 

Peserta didik dapat menentukan dinamika kependudukan Indonesia. (C3)

Sex ratio merupakan angka yang menunjukkan perbandingan jumlah lakik-laki  dengan perempuan dalam suatu wilayah. 

Sementara dependency ratio merupakan angka yang menunjukkan beban ketergantungan penduduk usia produktif terhadap penduduk usia non produktif di satu wilayah.

 

Data yang dibutuhkan untuk menghitung sex ratio dan dependency ratio adalah jumlah penduduk per rentang usia dan jenis kelamin. 

 

SR dan DR ini dapat digunakan untuk menganalisa struktur penduduk suatu wilayah sehingga bida dibuat untuk merencanakan kebijakan di masa depan.  

 

  1. Peserta didik dapat menjelaskan Perubahan akibat interaksi antar ruang. (C3)

Enam perubahan akibat interaksi antarruang adalah berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan, perubahan penggunaan lahan, perubahan orientasi mata pencaharian, berkembangnya sarana dan prasarana, perubahan sosial budaya, dan berubahnya komposisi penduduk. Perubahan akibat interaksi antarruang Mengutip Kemdikbud RI, interaksi antarruang terjadi dalam berbagai bentuk, yaitu pergerakan orang, barang, gagasan dan informasi. Pergerakan itu menimbulkan perubahan bagi daerah asal dan daerah tujuan. Interaksi keruangan meliputi beragam jenis pergerakan seperti perjalanan ke tempat kerja, migrasi, pemanfaatan fasilitas umum, transmisi informasi dan modal, wilayah pemasaran kegiatan retail, perdagangan internasional, dan distribusi barang. Semua bentuk interaksi antarruang itu berdampak pada adanya perubahan. Jika banyak orang dengan berbagai kepentingan selalu datang pada suatu tempat, maka tempat yang dituju akan berkembang menjadi pusat kegiatan manusia yang disebut kota. Baca juga: Ruang dan Interaksi Antarruang: Pengertian, Syarat dan Bentuknya Jadi, pergerakan orang sebagai bentuk interaksi keruangan menimbulkan perubahan. Berikut ini dampak interaksi antarruang


  1. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis interkasi sosial. (C4)

Bentuk interaksi sosial bisa diklasifikasikan  jadi dua, yaitu proses sosial asosiatif dan disasosiatif.

Ada proses asosiatif yang meliputi kerjasama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi. Ada juga proses disosiatif yang meliputi persaingan, kontravensi, pertikaian, dan konflik sosial.

Proses Asosiatif

Bentuk interaksi sosial asosiatif adalah bentuk interaksi sosial positif yang mengarah pada kesatuan.

Proses asosiatif juga disebut proses sosial integratif atau konjungtif. Proses ini penting untuk kemajuan masyarakat.

Dalam proses sosial ini, anggota-anggota masyarakat berada dalam keadaan harmoni yang mengarah pada pola-pola kerjasama.

Proses sosial yang asosiatif dibedakan menjadi empat, yaitu:

1. Kerja Sama

Kerja sama adalah usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama biasanya berawal dari kesamaan orientasi.

Bentuk kerja sama dibagi jadi 4, yaitu:

  • Kerja sama spontan, yang terjadi secara serta merta.
  • Kerja sama langsung, sebagai hasil perintah atasan kepada bawahan atau penguasa terhadap rakyatnya.
  • Kerja sama kontrak, dilakukan atas dasar syarat-syarat atau ketetapan tertentu yang disepakati bersama.
  • Kerja sama tradisional, yaitu kerja sama sebagian atau unsur-unsur tertentu dari sistem sosial.

2. Akomodasi

Akomodasi adalah proses penyesuaian diri orang perorang atau kelompok-kelompok manusia yang awalnya saling bertentangan.

Akomodasi dilakukan sebagai upaya mengatasi ketegangan-ketegangan antara pihak yang bertentangan.

Tujuan akomodasi adalah terciptanya keseimbangan interaksi sosial terkait norma dan nilai dalam masyarakat.

Ada 8 bentuk akomodasi, yaitu:

  • Coersion

Coersion terjadi melalui pemaksaan kehendak pihak tertentu terhadap pihak lain terutama terhadap pihak yang lebih lemah.

  • Kompromi

Kompromi terjadi ketika pihak-pihak yang terlibat perselisihan saling mengurangi tuntutan agar tercapai penyelesaian, semua pihak bersedia memahami keadaan pihak lain.

  • Arbitrasi

Arbitrasi terjadi bila pihak-pihak yang berselisih tidak sanggup mencapai kompromi dihadirkan pihak ketiga yang netral untuk mengusahakan penyelesaian pertentangan.

  • Mediasi 

Hampir sama arbitrasi namun dalam mediasi pihak ketiga bertindak sebagai penengah tidak punya wewenang memberi keputusan penyelesaian perselisihan antara kedua belah pihak. 

  • Konsiliasi

Konsiliasi adalah bentuk akomodasi untuk mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak-pihak yang berselisih demi tercapainya persetujuan bersama.

  • Toleransi

Toleransi merupakan bentuk akomodasi tanpa persetujuan resmi. Ada keinginan menghindarkan diri dari perselisihan yang saling merugikan kedua belah pihak.

  • Stalemate

Stalemate terjadi ketika kelompok yang terlibat pertentangan mempunyai kekuatan seimbang.

  • Ajudikasi

Ajudikasi dipahami sebagai penyelesaian masalah atau sengketa melalui pengadilan atau jalur hukum.

3. Asimilasi

Asimilasi merupakan proses sosial yang ditandai usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang ada di antara orang-perorangan atau kelompok-kelompok manusia.

Proses ini meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindakan, sikap, dan proses mental dengan memperhatikan tujuan dan kepentingan bersama.

 

  1. Peserta didik dapat menentukan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial. (C3)

Pengaruh dari Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Lembaga sosial sendiri terbentuk berdasarkan keteraturan bentuk sosial. Berikut adalah beberapa tahapan untuk mencapai keteraturan sosial meliputi :

·         Adanya tertib sosial yakni keteraturan yang terjadi karena adanya norma

·         Adanya order yakni tahapan masyarakat yang mulai meneriman dan memandang tata tertib itu sendiri

·         Adanya keajegan yakni tahapan dimana interaksi sosial, norma dan ciri-ciri nilai sosial mulai menemukan kesesuaian dalam msayarakat

·         Adanya pola yakni tahapan dimana keajegannya diulang sehingga dapat membentukn pola perilaku masayarakat. Dalam tahap ini, perilaku sosial, norma dan nilai-nilai sosial telah menjadi suatu perwujudan dalam segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia

Sponsors Link



Interaksi sosial memiliki pengaruh terhadap kehidupan masyarakat termasuk pada pembentukannya lembaga sosial. Hubungan antar manusia tidak akan terjadi tanpa adanya interaksi sosial. Oleh sebab itu, interaksi sosial yang sesuai dengan norma dan nilai sosial yang berlkau di masyarakat sangat penting dan dibutuhkan. Terbentuknya lembaga sosial juga dipengaruhioleh interaksi sosial. Lembaga sosial ini dibentuk akibat dari adanya interaksi sosial anatar anggota masyarakat yang memiliki kebutuhan dimana hal ini harus dipenuhi oleh oleh lembaga sosial agardapat menjamin kelangsunagn hidupnya. Atau bisa dikatakan bahwa adanya kebutuhan manusia ini mengharuskan timbulnya interaksi sosial yang kemudian mendorong terbentuknya lemabaga sosial. Interaksi sosial juga bisa disebut sebagai kunci dari semua kehidupan sosial.

Sebab, tanpa berinteraksi sosial, maka tidak akan ada kehidupan sosial. Dari interaksi ini, menusia satu dengan manusia yang lain akan saling bertemu dan bisa juga mereka membentuk kelompok sosial. Suatukelompok sosial akan membutuhkan yang namanya kebutuhan. Dan kebutuhan inilah yang harus dipenuhi melalui lembaga sosial. Dalam rangka memperbaiki sistem sosial dalam masyarakat yang teratur, masyarakat telah menggunakan hubungan timabal balik antar inidividu. Sebagai cara mencegah penyakit sosial sebuah lembaga sosial juga membutuhkan adanya pengaturan pemenuhan kebutuhan hidup. Akan tetapi, untuk mewujudkan suatu tujuan yang sifatnya sangat khusus, masyarakat membentuk suatu organisasi sosial

  1. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik Peserta didik dapat menganalisis Kelangkaan dan kebutuhan manusia. (C4)

kelangkaan itu merupakan suatu masalah dalam ekonomi. Kelangkaan itu timbul karena barang yang kita inginkan jumlahnya terbatas, sedangkan keinginan manusia tidak terbatas. Berbanding terbalik kan?

Sama kayak bensin yang sering langka. Itu karena produksinya yang terkendala, tapi kita yang butuh pasti banyak. Maka timbul kelangkaan dengan tandanya antrian yang panjang banget.

Balik lagi ya ke pembahasan kita nih. Adanya ilmu ekonomi itu merupakan salah satu cara untuk mengatasi kelangkaan untuk memenuhi kebutuan manusia. Eh, ngomong-ngomong tentang kebutuhan manusia, kamu tahu nggak sih apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia itu?

Konsep kebutuhan manusia ialah keinginan dari manusia yang harus dipenuhi. Kalau kebutuhan ini nggak dipenuhi bisa mengganggu kehidupan manusia. Masalahnya, nggak semua kebutuhan manusia bisa dipenuhi.

Sekarang kita pelajari yuk macam-macam kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia itu bisa dibedakan menjadi 3 macam. Pertama menurut intensitas atau tingkatannya, kedua menurut sifatnya, ketiga menurut waktu penggunaannya.

 

  1. Peserta didik dapat membedakan Permintaan, penawaran, pasar dan harga. (C2)

Teori penawaran dan permintaan (bahasa Inggrissupply and demand) dalam ilmu ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barangModel penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Ia juga digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas. Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.

 

  1. Peserta didik dapat menganalisis Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi. (C4)

Dengan IPTEK, manusia bisa beralih dari manusia purba yang nomaden menjadi manusia modern dengan teknologi yang canggih. IPTEK mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk menunjang kegiatan ekonomi. Dilansir dari Real Colegio Complutense Universitas Harvard, IPTEK adalah pendorong utama pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Hal ini dikarenakan IPTEK menunjang tiga kegiatan utama ekonomi yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Peserta didik dapat menjelaskan Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa. (C2)

Kelangkaan merupakan persoalan ekonomi yang paling mendasar dikarenakan keinginan manusia yang tidak terbatas dengan ketersediaan sumber daya yang terbatas. terbatasnya sumber daya mendorong manusia melakukan segala usaha agar kelangkaan bisa memenuhi kebutuhan hidup.penyebab kelangkaan dapat menimbulkan penawaran dan permintaan terhadap barang dan jasa. kelangkaan yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa dan kemudian mendistribusikan kepada masyarakat.

  1. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan manusia pada masa praaksara. (C2)

Masa praaksara atau masa nirleka adalah masa saat manusia purba belum mengenal tulisan. Seluruh dunia punya masa praaksara berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Cara hidup manusia praaksara ada 2; tinggal dekat dengan sumber air dan di alam terbuka. Ada 3 sistem kepercayaan; animisme, dinamisme, dan totemisme.

  1. Peserta didik dapat menjelaskan proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. (C2)

Nah, menurut sejarah nih, Hindu-Buddha merupakan agama dan kebudayaan yang paling pertama masuk ke Indonesia. Ada pula beberapa teori (hipotesis) terkait proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia. Apa saja teorinya?

  1. Teori Waisya

Teori ini dikemukakan oleh N.J. Krom. Menurut Krom, para pedagang dari India-lah (kasta waisya) yang membawa masuk agama dan kebudayaan Hindu Buddha ke Indonesia. Para pedagang kuno ini datang dan menetap di Indonesia, kemudian berinteraksi sekaligus memperkenalkan dan menyebarkan agama dan kebudayaan asal mereka pada masyarakat Indonesia.

  1. Teori Kesatria

Teori ini dikemukakan oleh F.D.K. Bosch. Kalau menurut Bosch, agama dan kebudayaan Hindu Buddha dibawa oleh para prajurit (kestaria) yang kalah dan jenuh terhadap peperangan yang sering terjadi di India. Mereka akhirnya pergi dari India dan menetap di Indonesia. Di Indonesia, para kesatria ini mendirikan koloni-koloni sebagai tempat tinggal mereka.

  1. Teori Brahmana

Teori ini dikemukakan oleh J.C. van Leur. Menurut van Leur, zaman dulu pemimpin suku atau raja-raja Indonesia mengundang para brahmana dari India untuk datang ke Indonesia dalam rangka melegitimasi kekuasaan sehingga kedudukan mereka bisa sejajar dengan kedudukan raja-raja dari India.

  1. Teori Arus Balik

Teori ini dikemukakan oleh G. Coedes. Lain lagi menurut Coedes, ia berpendapat bahwa agama dan kebudayaan Hindu Budda dikembangkan dan disebarluaskan sendiri oleh masyarakat Indonesia. Awalnya bangsa Indonesia datang berkunjung ke India untuk mempelajari agama Hindu Buddha, kemudian mereka pulang dengan membawa pengetahuannya lalu menyebarluaskan agama dan kebudayaan Hindu Buddha di Indonesia.

  1. Peserta didik dapat menjelaskan proses persebaran Islam di Indonesia. (C1)

Para sejarawan Indonesia berpendapat bahwa proses Islamisasi di Indonesia sudah dimulai pada abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi. Pendapat ini berdasarkan bukti bahwa pada abad ke-7 di pusat kerajaan Sriwijaya telah dijumpai perkampungan-perkampungan pedagang Arab. Pendapat lain dikemukan oleh Mouquette (Ilmuwan Belanda) yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-13-14 Masehi. Penentuan waktu itu berdasarkan tulisan pada batu nisan yang ditemukan di Pasai.Berikut adalah peta proses masuknya    islam ke Indonesia :

   

Ø  Teori Masuknya Islam ke Indonesia

     Menurut para sejarawan, pada abad ke- 13 Masehi islam sudah masuk ke nusantara yang dibawa oleh para pedagang muslim. Namun untuk lebih pastinya para ahli masih terdapat perbedaan pendapat dari para sejarawan. Namun setidaknya 3 tiga teori tentang masuknya Islam ke Indonesia yaitu :

  1.  Teori Mekkah

    Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia langsung dibawa para pedagang Mekkah, teori ini berlandaskan sebuah berita dari China yang menyatakan jika pada abad ke-7 sudah terdapat perkampungan muslim di pantai barat Sumatera.

2. Teori Persia

     P.A Husein Hidayat mempelopori teori ini, menyatakan bahwa agama Islam dibawa oleh pedagang Persia (Iran), hal ini berdasarkan kesamaan antara kebudayaan islam di Indonesia dengan Persia.

  3. Teori Gujarat ( India )

     Teori ini dipelopori oleh ahli sejarah Snouck Hurgronje, menurutnya agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Gujarat pada abad ke-13 masehi.

 

Ø  Cara penyebaran agama Islam di Indonesia

   1. Melalui perdagangan

   2. Melalui perkawinan

   3. Melalui pendidikan

   4. Melalui dakwah

   5. Melalui kesenian

 

  1. Disajikan Peta peserta didik dapat menganalisis Letak Geografis negara-negara Asean. (C4)

 

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi Pengaruh kerjasama bidang Eksospolped. (C3)

 

Mengutip Kemdikbud RI, pengaruh kerja sama bidang ekonomi terhadap kehidupan di ASEAN dikenal juga sebagai pengaruh perubahan ruang dan interaksi antarruang terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi di negara-negara ASEAN. Pengaruh kerja sama bidang ekonomi terhadap kehidupan di ASEAN adalah kegiatan ekonomi berupa produksi, distribusi, dan konsumsi semakin luas dan bersaing bebas antarnegara ASEAN. Berikut ini pengaruh kerja sama bidang ekonomi terhadap kehidupan di negara-negara ASEAN: Pembentukan pasar tunggal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015; Kemudahan menjual barang dan jasa antarnegara ASEAN; Meningkatkan daya saing dan menarik investasi asing; Memperluas lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan negara-negara ASEAN; Penyiapan sumber daya manusia untuk pasar tenaga kerja ASEAN ke depan; Mengkaver kebutuhan tenaga kerja antarnegara-negara ASEAN; Peningkatan kualitas pendidikan sebagai modal tenaga kerja. Baca juga: Bentuk Kerja Sama ASEAN dan Contohnya Penjelasan: Para pemimpin ASEAN sepakat membentuk sebuah pasar tunggal disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015. Kesepakatan ini bertujuan agar daya saing ASEAN meningkat, bisa menyaingi Tiongkok dan India untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk memperluas lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan. Secara bertahap, MEA membuka peluang satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara anggota ASEAN. Selain itu, akan dibentuk pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, ahli keteknikan, guru, akuntan, dan lain-lain. Baca juga: Faktor Penghambat dan Pendorong Kerja Sama ASEAN Bentuk interaksi ini akan membuka peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia yang tertutup atau kekurangan sumber daya manusianya. Kondisi ini menuntut semua penduduk di Asia Tenggara dapat bersaing untuk menjadi tenaga kerja di negara-negara ASEAN. MEA membuka pasar dan lapangan kerja yang semakin bersaing sehingga berpengaruh terhadap penyiapan sumber daya manusia. Pendidikan yang berkualitas menjadi modal persaingan dalam menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang terbuka berpikiran global. Kegiatan ekonomi berupa produksi, distribusi, dan konsumsi semakin luas dan bersaing bebas antarnegara ASEAN.

Peserta didik dapat mengidentifikasi Upaya meningkatkan kerjasama diantara Negara-negara Asean. (C3)

Upaya-upaya meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN telah terbangun melalui Tiga Pilar ASEAN. Upaya peningkatan kerja sama negara ASEAN Mengutip Kemdikbud RI, upaya peningkatan kerja sama negara ASEAN yang telah terbangun melalui Tiga Pilar ASEAN dalam rangka pembentukan Masyarakat ASEAN 2015 terus ditingkatkan.

Tiga Pilar ASEAN adalah kerja sama dalam bidang politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Berikut ini penjelasannya:

Pada pilar sosial budaya, masyarakat ASEAN bersama-sama mengatasi berbagai tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat. Dalam memperkuat daya saing kawasan, ASEAN berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kualitas lingkungan hidup.

 

  1. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh perkembangan Iptek terhadap perubahan ruang. (C4)

Pengaruh perkembangan ilmu dan teknologi terhadap perubahan ruang mencakup pengaruh teknologi transportasi dan teknologi komunikasi terhadap perubahan ruang di negara ASEAN. Maksudnya, dampak perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi bagi negara ASEAN terhadap berbagai aspek kehidupan manusia adalah mempermudah aktivitas dan pekerjaan manusia. Mengutip Kemdikbud RI, perkembangan ilmu dan teknologi berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia karena memudahkan dalam berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia. Teknologi yang memiliki peranan besar dalam mengubah kehidupan manusia dalam berinteraksi adalah teknologi transportasi, teknologi komunikasi, dan teknologi produksi.

Peserta didik dapat mengidentifikasi Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial. (C2)

faktor pendorong mobilitas sosial:

1.      status sosial

2.      keadaan ekonomi

3.      pertumbuhan penduduk

4.      situasi politik

faktor penghambat mobilitas sosial:

1.      diskriminasi ras dan agama

2.      diskriminasi kelas

3.      pengaruh sosial kelas sosial

4.      kemiskinan

 

  1. Peserta didik dapat menjelaskan Dampak mobilitas sosial. (C1)

Mobilitas sosial juga memberikan dampak, baik dampak positif ataupun dampak negatif, yaitu :

1. Dampak Positif

a. Orang-orang akan berusaha untuk berprestasi atau untuk maju, karena terdapat kesempatan untuk pindah strata.

b. Mobilitas sosial akan mempercepat tingkat perubahan sosial dalam masyarakat kea rah yang lebih baik. Contohnya adalah perubahan dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industry.

2. Dampak Negatif

a. Konflik antar-kelas

Terjadi karena benturan dari kepentingan antar-kelas sosial.

b. Konflik antar-kelompok

Terjadi karena perebutan peluang mobilitas dan melibatkan ras, agama, etnisitas, atau golongan.

c. Konflik antar-individu

Terjadi karena penolakan terhadap individu di dalam suatu kelompok.

d. Konflik antar-generasi

Terjadi karena anak-anak yang berhasil meraih posisi yang lebih tinggi dari posisi sosial orang tuanya akan menimbulkan ethnosentrisme generasi. Hal ini disebabkan generasi anak dan generasi orang tua memiliki perbedaan perkembangan.

e. Konflik status dan konflik peran

Kesulitan yang dialami seseorang dalam menyesuaikan diri dengan status barunya akan memunculkan konflik peran dan konflik status. Konflik peran adalah keadaan dimana seseorang tidak bisa melaksanakan peran sesuai dengan tuntutan status yang disandangnya. Sedangkan konflik status adalah pertentangan antar-status seseorang karena kepentingan yang berbeda.

f. Berkurangnya solidaritas kelompok.

 

  1. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pluralitas masyarakat Indonesia (agama, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan). (C4)

Pluralitas menjadi sebuah realita dan mesti diterima sebagai kekayaan nasional bangsa Indonesia. Belajar tentang pluralitas di Indonesia berarti belajar tentang kemajemukan masyarakat yang terdiri dari keragaman suku bangsa, agama, ras, pekerjaan, dan lainnya yang tentunya memiliki perbedaan dan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam masyarakat di Indonesia.

  1. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial. (C4)

KONFLIK DAN INTEGRASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL.

1. KONFLIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

A. PENGERTIAN.

Konflik adalah suatu kejadian yang berisi tentang pertengkaran.

ada tiga jenis konflik:

1.      individu dengan individu.

2.      individu dengan kelompok.

3.      kelompok dengan kelompok.

B. FAKTOR TERJADINYA KONFLIK

1.      Perbedaan Individu

2.      Perbedaan latar belakang kebudayaan

3.      perbedaan kepentingan

4.      perubahan perubahan nilai yang cepat

C. AKIBAT AKIBAT KONFLIK SOSIAL

1.      Meningkatnya solidaritas sesama anggota kelompok

2.      retaknya hubungan antarindividu atau Kelompok

3.      terjadinya perubahan kepribadian para individu

4.      rusaknya harta bahkan hilangnya nyawa manusia

5.      terjadinya akomodasi,dominasi.

D.CARA MENANGANI KONFLIK

1.      Menghindar

2.      memaksakan kehendak

3.      tawar menawar

4.      kolaborasi

 

  1. Peserta didik dapat membedakan Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian. (C3)

Rumah Tangga Negara (RTN) atau Pemerintah

Rumah Tangga Negara (RTN) atau pelaku ekonomi dari pemerintah, dimana RTN merupakan pelaku ekonomi yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Peran dari rumah tangga negara (RTN)  sebagai pelaku ekonomi adalah sebagai berikut:

1.      Regulator atau mengatur, tugasnya adalah menjamin proses kegiatan ekonomi agar berjalan dengan baik atau lancar.

2.      Sebagai konsumen, misalnya pemerintah menyediakan fasilitas umum, maka pemerintah pasti akan mengkonsumsi barang atau jasa untuk membangun fasilitas umum tersebut. 

3.      Sebagai produsen, kalo di Indonesia biasanya kita sebut BUMN (Badan Usaha Milik Negara), contohnya pertamina, memproduksi minyak menjadi bahan bakar. 

4.      Agen Pembangunan, sudah menjadi kewajiban negara untuk membangun perekonomian negaranya. 

 

  1. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis manfaat Perdagangan daerah/antar pulau. (C4)

Perdagangan antar pulau atau daerah merupakan perdagangan yang terjadi dengan melewati batas-batas pulau atau daerah. Proses terjadinya perdagangan antar pulau atau daerah terjadi karena adanya beberapa perbedaan faktor antara pulau/daerah yang satu dengan pulau/daerah yang lainnya. Berikut akan kaka coba ulas pertanyaan yang adik ajukan mengenai manfaat perdagangan antara pulau.

 

Jelaskan secara singkat manfaat perdagangan antarpulau!

            Beberapa manfaat adanya perdagangan antarpulau, antara lain :

1.    Terpenuhinya segala jenis kebutuhan yang diperlukan pulau atau daerah tertentu.
        Kita ketahui, bahwa setiap pulau maupun daerah memiliki kekayaan dan sumber daya yang tidak sama. Dengan adanya perdagangan antarpulau, maka setiap orang dapat menikmati barang/produk yang tidak dapat dihasilkan sendiri di wilayahnya.


2.    Terciptanya lapangan kerja yang luas.
        Adanya perdagangan antar pulau, tentu meningkatkan produktivitas serta akhirnya berdampak pada dibutuhkannya lebih banyak tenaga kerja, baik dari segi produsen maupun distributor.


3.    Terbangunnya hubungan silaturahmi yang positif.
        Semakin luas jangkauan pemasaran, semakin banyak juga relasi hubungan yang dibangun antar komponen pekerja.


4.    Mendorong perkembangan IPTEK.
        Seiring berkembangnya waktu, maka permintaan produksi tentu akan jauh lebih banyak. Maka diperlukan inovasi terbaru terutama dari segi IPTEK guna memenuhi setiap permintaan yang ada.


5.    Meningkatkan presentasi kemakmuran dan kesejahteraan suatu pulau/daerah.
        Setiap pulau yang jumlah penganggurannya minim, segala jenis kebutuhannya terpenuhi, relasi yang baik, serta adanya perkembangan IPTEK yang menunjang, menjadikan masyarakat yang ada di Pulau tersebut merasakan kemakmuran dan kesejahteraa

 

  1. Peserta didik dapat menganalisis strategi pengembangan agrikultur di Indonesia. (C4)

Agrikultur merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam hayati. Agrikultur digunakan agar menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri dan sumber energi.

 

Untuk meningkatkan hasil agrikultur ini dapat dilakukan dengan strategi yaitu:

 

1.    Ekofarming

 

Ecofarming adalah bentuk budidaya pertanian yang mengusahakan sedapat mungkin tercapainya keharmonisan dengan lingkungan. Ecofarming merupakan bentuk pertanian yang dalam prosesnya tidak merusak lingkungan, malah menjadi bagian dari lingkungan alamnya sendiri.

 

Ekofarming dapat dilakukan dengan penggunaan lahan pertanian secara bertanggung jawab sehingga tidak menimbulkan dampak negatif yang dapat merugikan petani sendiri, akibat berkurangnya kesuburan tanah.

 

Contoh dari ekofarming dapat di temukan di suku Baduy Dalam (suku pedalaman di Banten) yang menanami lahannya tanpa mengolah tanah yang akan di tanami.

 

2.    Distribusi pupuk yang merata

 

Pupuk merupakan komponen penting dalam agrikultur modern. Pada lahan pertanian, perlu penggunaan pupuk agar kesuburan tanah terjaga. Pupuk seperti urea mengandung zat hara yang penting dalam pertumbuhan tanaman.

 

3.    Perbaikan irigasi.

 

Penggunaan sistem irigasi dengan mesin membuat tanaman dapat ditanam dan dipanen pada musim kering atau wilayah dengan curah hujan sedikit. Dengan demikian, lahan dapat menghasilkan produk agrikultur yang lebih banyak, dan tidak tergantung cuaca.

 

  1. Peserta didik dapat menentukan reditribusi vertikal dan horizontal. (C3)


  1. Peserta didik dapat Menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia. (C2)

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia
Daya tarik Bangsa Barat terhadap Indonesia pada saat itu memunculkan ambisi yang menjadi latar belakangnya ke tanah Indonesia. Ambisi tersebut dikenal dengan konsep 3G yaitu:

1.      Gold (keinginan untuk memperoleh kekayaan sebanyak-banyaknya),

2.      Glory (ambisi memperoleh kejayaan), dan

3.      Gospel (keinginan untuk menyebarkan agama nasrani di Nusantara).

 

  1. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh monopoli perdagangan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)

Dampak Monopoli Perdagangan Oleh VOC

Dampak kegiatan monopoli perdagangan yang dilakukan VOC di Indonesia (nusantara saat itu) memang lebih condong ke sisi negatif (bisa dibilang kebanyakan dampak buruknya), namun disisi lain ada juga dampak positif yang dapat dipetik dan diambil pelajarannya.

Dampak Positif Monopoli Perdagangan

Banyak bangsa asing (eropa, asia, timur tengah) yang melakukan kegiatan perdagangan di Nusantara, akibatnya aktivitas dagang menjadi semakin ramai.

Pedagang pribumi memperoleh informasi hasil rempah-rempah yang laku dipasar internasional.

Selain itu, mereka juga lebih mengetahui tata cara perdagangan.

Pedagang pribumi melakukan hubungan dengan bangsa lain.

Dampak Negatif Monopoli Perdagangan

Rakyat harus menjual hasil rempah-rempah kepada pihak VOC

Pendapatan menurun karena harga ditentukan oleh VOC

Menurunnya jumlah penduduk, disebabkan karena pembantaian massal.

Penderitaan fisik (kelelahan) karena bekerja terlalu keras.

Produksi padi menurun, karena tanaman ini tidak laku di pasaran internasional. Sebab lainnya karena gagal panen.

Dampak lainnya menjadikan rakyat kelaparan dan kematian.

 

  1. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh system tanam paksa terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)

Dampak positif tanam paksa bagi masyarakat Indonesia:

1.      Dikenalnya tanaman produksi baru di Indonesia, seperti teh, kopi, kina dan karet

2.      Dibangunnya infrastruktur pertanian seperti irigasi

3.      Dilakukannya politik Balas Budi akibat reaksi sistem Tanam Paksa yang menghasilkan kalangan terdidik dari kalangan rakyat Indonesia

4.      Dikenalnya teknik pertanian baru

Dampak negatif tanam paksa bagi masyarakat Indonesia:

1.      Penderitaan bagi rakyat yang harus bekerja keras memenuhi target Tanam Paksa

2.      Berkurangnya produksi pangan karena lahan pertanian diambil untuk sistem tanam paksa

3.      Terjadinya kelaparan akibat ebrkurangnya produksi pangan.

 

11 Mar 2021

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA BLOG PGRI BULAN FEBRUARI 2021

 

    Tanpa terasa sudah tiba saatnya Pengumuman Pemenang Lomba Blog PGRI Bulan Februari 2021. Berdasarkan data yang diperoleh melalui blog wijayalabs.com dapat diketahui bahwa dalam kegiatan lomba ini diikuti oleh 97 peserta.  Dalam kegiatan lomba ini, peserta menulis setiap hari di blog pribadi dan juga di blog/website YPTD. Untuk dapat menulis di website di YPTD, peserta wajib mendaftar terlebih dahulu dan mendapatkan akun untuk bisa menulis di website YPTD.

    Lomba Blog PGRI Bulan Februari 2021 ini memiliki berbagai ketentuan seperti yang tertera pada https://wijayalabs.com/2021/01/31/lomba-blog-pgri-bulan-februari-2021/  yaitu antara lain :

  1. Lomba dimulai dari tanggal 1 sampai 28 Februari 2021.
  2. Setiap peserta wajib mengirimkan url link tulisannya di blog ke email omjaylabs@gmail.com setiap hari selama 28 hari.
  3. Panjang tulisan minimal 300 kata dan maksimal 1500 kata setiap postingannya.
  4. Semua tulisan akan dibukukan dalam buku solo ber-ISBN dengan menuliskan kata pengantar, sinopsis buku, daftar isi, dan biodata penulis.
  5. Tema lomba blog adalah “menulis di blog jadi buku”. Tulislah dari apa yang disukai dan kuasai. sub tema bebas.
  6. Setiap hari semua peserta harus mengirimkan 1 tulisan dari menulis di blog pribadi dan blog https://terbitkanbukugratis.id. Pastikan anda sudah membuat akun di terbitkanbukugratis.id sebagai syarat tulisan anda dibukukan GRATIS dan ber-ISBN.
  7. Peserta akan mendapatkan hadiah kejutan dari sponsor berupa uang dan barang bagi mereka yang terpilih sebagai pemenang lomba blog di bulan Februari 2021.
  8. Semua peserta lomba blog akan mendapatkan sertifikat digital dan dibagikan ke email peserta.
  9. Peserta wajib mencantumkan logo PGRI dan logo Ikatan Guru TIK PGRI dalam setiap postingan dan mencantumkan nama lengkap dalam setiap postingannya.
  10. Peserta sudah terdaftar sebagai anggota PGRI dan bila belum terdaftar dapat mendaftar Online di pgri.or.id.

Kegiatan lomba blog ini gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Pengumuman lomba blog ini bisa diikuti dalam tayangan youtube di bawah ini


Marilah kita tetap menulis agar tulisan kita menjadi lebih baik. Selamat bagi para pemenang. Pada intinya kita semua adalah pemenang karena dengan mengikuti kegiatan ini, kita telah mengalahkan diri sendiri untuk terus komitmen menulis di blog setiap harinya.

SEMANGAATTTTT


9 Mar 2021

KISI-KISI PTS IPS KELAS 9 SEMESTER GENAP

 



Indikator Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 9 IPS Genap

  1. Peserta didik dapat menentukan letak Indonesia. (C3)
  2. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis potensi kemaritiman Indonesia. (C4)
  3. Peserta didik dapat menentukan dinamika kependudukan Indonesia. (C3)
  4. Peserta didik dapat menjelaskan Perubahan akibat interaksi antar ruang. (C3)
  5. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis interkasi sosial. (C4)
  6. Peserta didik dapat menentukan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial. (C3)
  7. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik Peserta didik dapat menganalisis Kelangkaan dan kebutuhan manusia. (C4)
  8. Peserta didik dapat membedakan Permintaan, penawaran, pasar dan harga. (C2)
  9. Peserta didik dapat menganalisis Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi. (C4)
  10. Peserta didik dapat menjelaskan Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa. (C2)
  11. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan manusia pada masa praaksara. (C2)
  12. Peserta didik dapat menjelaskan proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. (C2)
  13. Peserta didik dapat menjelaskan proses persebaran Islam di Indonesia. (C1)
  14. Disajikan Peta peserta didik dapat menganalisis Letak Geografis negara-negara Asean. (C4)
  15. Peserta didik dapat mengidentifikasi Pengaruh kerjasama bidang Eksospolped. (C3)
  16. Peserta didik dapat mengidentifikasi Upaya meningkatkan kerjasama diantara Negara-negara Asean. (C3)
  17. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh perkembangan Iptek terhadap perubahan ruang. (C4)
  18. Peserta didik dapat mengidentifikasi Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial. (C2)
  19. Peserta didik dapat menjelaskan Dampak mobilitas sosial. (C1)
  20. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pluralitas masyarakat Indonesia (agama, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan). (C4)
  21. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial. (C4)
  22. Peserta didik dapat membedakan Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian. (C3)
  23. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis manfaat Perdagangan daerah/antar pulau. (C4)
  24. Peserta didik dapat menganalisis strategi pengembangan agrikultur di Indonesia. (C4)
  25. Peserta didik dapat menentukan reditribusi vertikal dan horizontal. (C3)
  26. Peserta didik dapat Menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia. (C2)
  27. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh monopoli perdagangan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
  28. Peserta didik dapat Menjelaskan Pengaruh system tanam paksa terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
  29. Peserta didik dapat Menjelaskan Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. (C2)
  30. Disajikan peta, peserta didik dapat menunjukkan letak geografis kawasan negara-negara ASEAN. (C2)
  31. Peserta didik dapat menyebutkan negara-negara yang termasuk dalam kawasan Benua Amerika. (C2)
  32. Peserta didik dapat menentukan kondisi alam Negara Jepang. (C3)
  33. Peserta didik dapat menentukan kondisi alam Negara Australia. (C3)
  34. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Eropa. (C3)
  35. Peserta didik dapat menjelaskan keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Afrika. (C3)
  36. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh interaksi ruang antar Negara terhadap kehidupan (Ekonomi, sosial dan Budaya). (C4)
  37. Peserta didik dapat membedakan bentuk perubahan sosial. (C3)
  38. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis dampak globalisasi. (C4)
  39. Peserta didik dapat mengemukakan upaya dalam menghadapi Globalisasi. (C3)
  40. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis faktor Penghambat perdagangan internasional. (C4)
  41. Peserta didik dapat mengklasifikasi manfaat perdagangan Internasional. (C3)
  42. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif. (C4)
  43. Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi Bangsa. (C3)
  44. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis pengaruh pusat keunggulan ekonomi. (C4)
  45. Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan utama MEA. (C1)
  46. Peserta didik dapat membandingkan bentuk globalisasi bidang budaya. (C3)
  47. Peserta didik dapat menjelaskan Kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer. (C2)
  48. Peserta didik dapat mengidentifikasi perkembangan ekonomi Indonesia pada masa demokrasi terpimpin. (C2)
  49. Peserta didik dapat mengidentifikasi perkembangan politik Indonesia pada masa Orda Baru. (C2)
  50. Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis tentang lahirnya gerakan reformasi. (C4)

 

8 Mar 2021

KONFERENSI CABANG PGRI KECAMATAN KRAMATWATU


     Hari ini tanggal 8 Maret 2021 saya mendapatkan tugas dari Kepala Sekolah untuk mewakili beliau dalam acara Konferensi Cabang PGRI Kecamatan Kramatwatu yang diselenggarakan di Gedung PGRI Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Tempat konferensi cukup dekat hanya sekitar 1km dari tempat tinggal saya. Acara Konferensi ini dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Peserta Konferensi ini tidak sampai 50 orang. Hal ini dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang masih menghantui, sekaligus mengantisipasi penyebaran covid-19.

    Konferensi Cabang PGRI Kramatwatu ini  memiliki 3 agenda yang harus diselesaikan, yaitu :

  1. Menyampaikan Laporan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu Periode 2015-2020
  2. Pemilihan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu Periode 2020-2025
  3. Menentukan Program Kerja PGRI Kecamatan Kramatwatu untuk masa bakti 2020-2025
    Tugas PGRI sebagai lembaga adalah untuk melakukan perlindungan hukum dan profesi bagi para anggotanya. PGRI Provinsi Banten telah penyiapkan 12 pengacara untuk membantu guru yang sedang mengalami/bermasalah dengan hukum. Untuk menghindari guru terlibat dalam permasalahan hukum, Pengurus PGRI Kabupaten Serang dalam sambutannya mengatakan "Hiduplah Berdasarkan Kebutuhan, Jangan Hidup Berdasarkan Keinginan". Hal ini seolah mengingatkan kita sebagai manusia untuk selalu bersyukur dan bersikap sederhana dalam kehidupan. Guru sebagai pendidik harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Meningkatkan profesionalitasnya sebagai Guru
  2. Guru tidak boleh berhenti belajar, berinovasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan
  3. Guru memastikan bahwa peserta didik memperoleh haknya dalam belajar
  4. Guru melaksanakan TUPOKSI yang optimal. Membuat desain pembelajaran jarak jauh yang menarik bagi siswa dan melaksanakan tugas-tugasnya di sekolah
  5. Guru harus bisa menguasai IT/teknologi serta meningkatkan kemampuan diri dalam mendesain pola pembelajaran dengan inovasi secara berkelanjutan 
    Konferensi Cabang PGRI Kramatwatu ini juga dihadiri oleh Ketua PGRI Provinsi Banten, yaitu H. Muhtadi, M.Pd. Di dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa di dalam memilik Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Memilih Pengurus yang berkompeten dan berdedikasi
  • Pengurus memiliki kompetensi dan mutu yang lebih bagus agar tidak tergerus kemajuan jaman. Pengurus harus menguasai teknologi/IT agar bisa tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswa di masa pandemi
    Karakter peserta didik yang baik itu bisa diciptakan oleh pendidik. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik harus betul-betul melaksanakan TUPOKSI sebagai guru dengan sungguh-sungguh. Tauladan guru harus bisa ditularkan kepada peserta didik. 

    Laporan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu periode 2015-2020 disampaikan oleh Ketuanya yaitu Bapak H. Ahmad Ridho, S.Pd., M.Pd. Konferensi Cabang PGRI Kramatwatu ini telah memilih dan menetapkan pengurus baru periode 2020-2025, sebagai berikut:

  1. Ketua : Ahmad Mugni, S.Pd
  2. Wakil Ketua 1 : Sajan Pranoto, S.Pd
  3. Sekretaris Umum : M. Sukriono, S.Pd
  4. Wakil Sekretaris Umum : Gufroni, S.Pd
  5. Bendahara : Dra. Hj. Suciati, M.Pd
  6. Sekretaris Bidang :
  • Organisasi dan Kaderisasi : Yeni Nuraeni, M.Pd
  • Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan : Nawiyah, S.Pd
  • Informasi dan Komunikasi : Luhis, S.Pd
  • Penelitian dan Pengembangan : Hendra Wahyudi, S.Pd
  • Pendidikan dan Pelatihan : Lusi Mariawati, M.Pd
  • Hubungan Kerjasama Antar Lembaga : H. Ade Tursilawati, M.Pd
  • Pengembangan Karir dan Profesi : Husaeni, M.Pd
  • Kerohanian : TB Sahri, S.Pd
  • Pemberdayaan Perempuan : Hj. Nunung Jubaedah, M.Pd
  • Pengembangan Seni, Budaya dan Olahraga : Dian Hendriana, S.Pd
  • Pengabdian Masyarakat : Habib, S.Pd
  • Advokasi dan Perlindungan Hukum : Amirullah, S.Pd

Pelantikan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu Periode 2020-2025

Itulah hasil dari Konferensi Cabang PGRI Kecamatan Kramatwatu tanggal 8 Maret 2021. Pelantikan Pengurus PGRI Kecamatan Kramatwatu Periode 2020-2025 dilakukan secara langsung setelah selesainya pemilihan. Semoga pengurus PGRI Periode 2020-2025 bisa terus meningkatkan kesejahteraan guru dan melindungi hak-hak guru. Jayalah PGRI....

7 Mar 2021

QUOTE OF THE DAY

    Menulis adalah merangkai huruf menjadi kata dan kalimat yang bermakna untuk menyampaikan pesan, ide, gagasan, pemikiran, atau informasi. Di era internet saat ini, kita bisa memiliki media sendiri untuk sarana publikasi tulisan agar dibaca orang banyak, yaitu blog. Yang belum punya blog, silakan buka cara membuat blogMotivasi dan inspirasi menulis (niat menjadi penulis) bisa datang kepada seseorang "hanya" melalui kata-kata mutiara.

    Kata mutiara "the only person you should try to be better than is who the person you were yesterday" yang artinya "Satu-satunya orang yang harus Anda coba menjadi lebih baik darinya adalah Anda yang kemarin" (Matty Mullins). Kata mutiara tersebut disebut juga dengan "QUOTE".  Quote adalah kutipan dari sebuah teks atau pidato yang biasa kita ditemui di sebuah ilustrasi.

    Tujuan quote bermacam-macam. Dalam bidang akademis, kegunaan quote dipakai untuk mendukung argumen atau pendapat dari penulis. Pada ilustrasi atau poster, quote yang berupa kata-kata bijak bertujuan untuk memberi motivasi, inspirasi, pengingat, dan lainnya yang berkaitan dengan gambar yang ada (sumber kompas.com).


TUGAS DIKLAT PENGGUNAAN CANVA UNTUK PJJ

6 Mar 2021

HIKMAH MENULIS



     Sebulan penuh tepatnya mulai tanggal 1-28 Februari 2021 aku mengikuti kegiatan Lomba Blog PGRI Februari 2021. Setelah selesai tantangan menulis artikel di blog, aku berusaha untuk membuat postingan dengan menulis beberapa artikel pendek.

    Hasil tulisan selama bulan Februari 2021 Insya Allah akan diterbitkan di bulan Maret 2021. Berkah dari lomba ini sangat banyak. Aku menjadi lebih mengenal berbagai penulis yang ternyata sangat keren tulisannya. Mereka selalu menyempatkan diri menulis setiap harinya. Segala aktifitas dalam kehidupan bisa dituangkan menjadi tulisan yang sangat nikmat untuk dibaca.

    Mengenal Bapak Thamrin Dahlan sebagai Pendiri Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) tentunya sesuatu yang sangat spesial dalam kehidupanku. Bahkan bisa memiliki nomer kontak beliau membuatku sangat tersanjung. Beliau sangat welcome dan mendukung segala aktifitas tentang menulis. Beliau juga yang telah memfasilitasi pencetakan buku peserta Lomba Blog PGRI secara gratis bahkan ber-ISBN. Luar biasa sekali dedikasi beliau kepada penulis amatiran sepertiku. Terimakasih Bapak Thamrin Dahlan dan Pak Wijaya Kusumah atas segala motivasi yang diberikan untuk mendukung kreatifitas kami dalam menulis. Dan kejutan tidak hanya sampai disini. Akibat isi blog yang setiap hari ada postingan tulisan, Alhamdulillah blogku sudah dalam taraf dipersiapkan menjadi situs dan menerima iklan dari Adsense. Luar biasa...






28 Feb 2021

KENANGAN REUNI SMA


     Pada liburan Idul Fitri 2011 aku pulang ke kampung halamanku yaitu Yogyakarta. Kota yang selalu kurindukan saat aku merantau di Serang Banten. Selama 2 tahun aku merantau di Serang karena diterima bekerja disini. Hidup seorang diri di perantauan membuatku selalu merasa rindu pada ibuku dan kampung halaman. Oleh karena itulah setiap libur aku selalu menghabiskan waktu di Jogja bersama ibu dan keluargaku. Sebagai pendidik tentunya aku mempunyai waktu libur yang lebih banyak dibandingkan pegawai lainnya. Akhir semester, kenaikan kelas dan Idul Fitri merupakan saat yang aku tunggu-tunggu. Karena pada saat itulah aku bisa pulang menghabiskan waktu libur di kampung halaman.

    Libur hari raya kali ini terasa berbeda dari biasanya. Berbagai macam agenda liburan seolah sudah menantiku di Jogja. Biasanya aku lebih suka menghabiskan waktu liburku bersama orangtua dan keluarga di rumah. Tetapi kali ini berbeda dari biasanya. Kepulanganku kali ini sudah dinantikan tidak hanya orangtua, keluarga, tetapi juga teman-temanku. Teman-teman semasa SMA dulu sudah menanti untuk melakukan reuni. Sudah beberapa kali aku menolak ajakan mereka untuk datang ke acara reuni. Hal itu karena aku tidak cukup percaya diri bertemu dengan teman-temanku yang sekarang sudah menjadi orang-orang yang sukses. Salah satu teman baikku baik SMA telah berhasil meyakinkanku untuk datang ke acara reuni itu.

    Agenda reuni dengan teman-teman SMA ini acaranya sebenarnya sangat sederhana tetapi cukup menyenangkan bagiku. Kami berkumpul di suatu rumah makan cukup terkenal di Jogjakarta yaitu "The House of RAMINTEN". Walaupun aku asli Jogja, tetapi ini adalah kali pertamaku menginjakkan kaki di rumah makan ini. Restoran ini sangat unik. Keunikan ini bisa dilihat sejak pertama kali memasuki restoran, kita disambut dengan alunan musik Gending Jawa dan aroma dupa yang terasa di indera penciuman. Terdapat beberapa wanita sedang membatik di salah satu sudut ruangan. Tentunya ini sangat jarang kita temukan di restoran lainnya. 

    Menu restoran "The House of Raminten" ini juga berbeda dari restoran lainnya. Mulai dari nama, bentuk, hingga rasanya yang khas, semua hal itu dapat memancing rasa penasaran pengunjung. Contohnya adalah menu ayam koteka, ini merupakan menu berbahan dasar ayam yang dibungkus dalam batang bambu. Harga dari semua menu di restoran ini pun sangat bersahabat di kantong. Porsi nya pun besar, sehingga kita harus menghabiskan satu menu bersama-sama. Restoran ini selalu ramai oleh pengunjung. Sehingga wajar saja apabila menu yang kita pesan pun memerlukan waktu lebih lama untuk bisa dinikmati.

    Sambil menunggu pesanan datang, kamipun berbincang-bincang dan bersenda gurau mengingat kenakalan kami saat remaja dulu. Tempat yang nyaman dengan desain khas didominasi oleh elemen kayu, membuat kami betah berlama-lama disana. Pesanan kamipun datang, dan mulailah kami menyantap makanan dengan saling mengambil pesanan orang lain. Itu adalah keisengan kami sejak dulu, saling mengambil makanan teman lainnya. Kami sangat senang bisa bertemu kembali setelah 15 tahun lebih tak berjumpa. Kenangan kami akan kebersamaan saat SMA seakan terulang kembali. Tanpa terasa sekarang sudah 10 tahun sejak terakhir bertemu, semoga setelah berlalunya Pandemi Covid-19 ini kita bisa bersua kembali.


BY KUSRINAWATI


Tutorial mendaftar Canva Pro For Education

 Berikut ini adalah video tutorial pendaftaran Canva for education

Sumber : Youtube Kusrinawati

27 Feb 2021

THE COLOUR OF LIFE



Hari yang sangat cerah pagi ini. Hampir semua karyawan bapak sudah datang untuk mengambil becak dan memulai aktifitas menarik becak hari ini. Bapak adalah pemilik beberapa becak yang disewakan. Bapak tinggal di daerah pinggiran kota Jakarta. Becak bapak cukup banyak. Sekitar 16 becak yang dimilikinya. Penghasilan sehari-haripun bisa cukup banyak. Hasil setoran becak dalam sehari itu cukup untuk biaya makan 1 minggu. Wah betapa besarnya penghasilan bapak. Bapak masih berusia cukup muda, yaitu 30 tahun dan ibu berusia 20 tahun. Saat itu mereka sudah memiliki 2 orang anak, yaitu Aminah dan Budiman. Jadi bisa dikatakan bahwa bapak dan ibu adalah pasangan muda yang sukses dan kaya. Walaupun sebenarnya bapak dan ibu bukanlah orang yang berpendidikan tinggi. Bapak hanyalah lulusan SMP dan ibu lulusan SD. Tapi itu tidak menghalangi mereka untuk bisa menghasilkan uang yang banyak dan sukses di usia yang masih relatif muda.

Usaha bapak semakin hari semakin maju dan bisa membeli lagi becak yang kemudian disewakan pada orang lain. Akhirnya bapak bisa menambah 4 becak. Jadi bapak sekarang memiliki 20 becak. Banyak orang yang juga tetangga bapak ingin bekerja menarik becak. Tapi rupanya becak bapak tidak mencukupi untuk disewakan pada mereka. Usaha bapak berjalan lancar. Tidak ada masalah yang berarti yang ditemui oleh bapak.

Suatu hari ada salah satu karyawan bapak pulang lebih awal dari biasanya. Dengan tergesa-gesa, dia menemui bapak dan menceritakan kejadian yang menimpanya hari ini. Dia bilang pada bapak bahwa becaknya diambil Satpol PP. Karena dia melanggar peraturan. Akhirnya bapak datang ke kantor Satpol PP dan berusaha mengambil kembali becaknya. Setelah berbicara dengan petugas dan bapak mendapat teguran, hari itu bapak diperkenankan membawa kembali becaknya. Alhamdulillah masalah telah terselesaikan.

Seiring berjalannya waktu, becak yang dimiliki bapak pun banyak yang mengalami kerusakan. Tetapi masalah itu bisa terselesaikan dengan melakukan servis pada semua becak yang bapak miliki. Dengan bertambahnya becak yang dimiliki bapak, penghasilan pun bertambah. Akhirnya bapak memiliki inisiatif untuk membeli mobil. Mobil ini nantinya juga akan disewakan. Setelah memilih dan mencari informasi tentang mobil, akhirnya bapak memutuskan membeli mobil hari itu. Hari sudah gelap waktu bapak ingin melakukan test drive pada mobil barunya. Bapak membawa mobil itu ke jalan raya. Malang tak dapat dihindarkan. Bapak menabrak pembatas jalan atau trotoar dan mobilnya terbalik. Kecelakaan itu mengakibatkan bapak kehilangan 2 tulang rusuknya karena patah. Selama 2 minggu bapak dirawat di rumah sakit. Alhamdulillah akhirnya bapak kembali sembuh dan bisa beraktifitas lagi.

Suatu hari ibu memberi kabar gembira kepada bapak. Bahwa ibu sedang mengandung anak yang ketiga. Wah betapa senang dan bahagianya bapak saat itu. Karena bapak memang ingin punya banyak anak. Pada saat mengandung itu, ibu sangat dimanjakan sama bapak dan juga semua penarik becak milik bapak. Saat ibu ngidam, pegawai yang menarik becak berebut untuk memenuhi keinginan ibu. Setiap hari mereka membawa banyak makanan dan buah-buahan untuk ibu. Semua keinginan ibu selama hamil selalu terpenuhi. Ibu menjadi wanita hamil yang paling bahagia. Ibu memiliki rencana ingin melahirkan di Cirebon, kampung halaman bapak. Bapak memiliki rumah besar di Cirebon. Rumah yang dibangun dari penghasilan bapak selama di Jakarta. Semua telah dipersiapkan disana. Akhirnya memasuki usia kandungan 8 bulan, ibu kembali ke Cirebon bersama bapak. Seminggu sekali bapak ke Jakarta untuk mengambil uang setoran becak.

Saat semua orang telelap malam itu, tiba-tiba dikejutkan dengan suara orang berteriak “kebakaran kebakaran”. Ternyata rumah bapak dan ibu terbakar. Bapak langsung mengamankan ibu dan 2 anaknya. Mereka diamankan keluar jauh dari lokasi kebakaran. Ibu menangis. Sedih sekali disaat usia kandungan sudah memasuki usia 9 bulan harus mendapatkan musibah. Habis semua rumah dan seisinya dimakan api.

Setelah peristiwa kebakaran itu, ibu meminta pulang ke kampung halamannya yaitu Yogyakarta. Bapak memang membeli rumah di kampung ibu seluas 200 m2. Tapi rumah disana masih berupa rumah bilik atau terbuat dari bambu. Rumah yang masih sangat sederhana. Karena semenjak beli, bapak tidak memiliki kesempatan untuk merenovasinya. Sementara uang bapak habis ikut terbakar waktu itu. Dengan sisa sedikit uang, bapak, ibu dan anak-anaknya kembali ke Jogjakarta. Pada tanggal 20 Januari 1971 lahirlah kakakku Suparman. Kakakku terlahir di Jogjakarta. Setelah usia 3 bulan, bapak memboyong ibu kembali ke Jakarta karena tidak tega melihat ibu tinggal di rumah yang sangat sederhana. Bapak kembali ke Jakarta karena ingin mengurus kembali becak yang ditinggalkannya. Tahun demi tahun berganti dan bapak pun dikaruniai lagi anak ke empat, yaitu Herman. Kebahagiaan bapak dan ibu masih sama seperti mereka baru pertama kali memiliki anak.

Usaha bapak semakin berkembang. Setoran tiap hari pun semakin bertambah. Sampai akhirnya terjadi pergantian gubernur Jakarta waktu itu. Bapak Ali Sadikin yang menjadi gubenur Jakarta waktu itu. Bapak gubernur memiliki kebijakan baru dengan melarang becak beroperasi di Jakarta. Karena dianggap terlalu banyak becak berkeliaran di Jakarta. Kebijakan itu menimbulkan gejolak di masyarakat. Tapi rakyat tidak bisa berbuat banyak. Begitupun dengan bapak. Akhirnya usaha bapak pun lama kelamaan mengalami kebangkrutan. Karena satu demi satu becak berhenti beroperasi dan tidak ada lagi setoran dari becak. Sekuat apapun bapak berusaha bertahan, tapi kebangkrutan itu tidak bisa terhidarkan lagi. Di tengah keputusasaan itu, bapak dan ibu memutuskan kembali ke kampung halaman ibu di Jogjakarta. 

Hari yang sangat cerah pagi ini. Hampir semua karyawan bapak sudah datang untuk mengambil becak dan memulai aktifitas menarik becak hari ini. Bapak adalah pemilik beberapa becak yang disewakan. Bapak tinggal di daerah pinggiran kota Jakarta. Becak bapak cukup banyak. Sekitar 16 becak yang dimilikinya. Penghasilan sehari-haripun bisa cukup banyak. Hasil setoran becak dalam sehari itu cukup untuk biaya makan 1 minggu. Wah betapa besarnya penghasilan bapak. Bapak masih berusia cukup muda, yaitu 30 tahun dan ibu berusia 20 tahun. Saat itu mereka sudah memiliki 2 orang anak, yaitu Aminah dan Budiman. Jadi bisa dikatakan bahwa bapak dan ibu adalah pasangan muda yang sukses dan kaya. Walaupun sebenarnya bapak dan ibu bukanlah orang yang berpendidikan tinggi. Bapak hanyalah lulusan SMP dan ibu lulusan SD. Tapi itu tidak menghalangi mereka untuk bisa menghasilkan uang yang banyak dan sukses di usia yang masih relatif muda.

Usaha bapak semakin hari semakin maju dan bisa membeli lagi becak yang kemudian disewakan pada orang lain. Akhirnya bapak bisa menambah 4 becak. Jadi bapak sekarang memiliki 20 becak. Banyak orang yang juga tetangga bapak ingin bekerja menarik becak. Tapi rupanya becak bapak tidak mencukupi untuk disewakan pada mereka. Usaha bapak berjalan lancar. Tidak ada masalah yang berarti yang ditemui oleh bapak.

Suatu hari ada salah satu karyawan bapak pulang lebih awal dari biasanya. Dengan tergesa-gesa, dia menemui bapak dan menceritakan kejadian yang menimpanya hari ini. Dia bilang pada bapak bahwa becaknya diambil Satpol PP. Karena dia melanggar peraturan. Akhirnya bapak datang ke kantor Satpol PP dan berusaha mengambil kembali becaknya. Setelah berbicara dengan petugas dan bapak mendapat teguran, hari itu bapak diperkenankan membawa kembali becaknya. Alhamdulillah masalah telah terselesaikan.

Seiring berjalannya waktu, becak yang dimiliki bapak pun banyak yang mengalami kerusakan. Tetapi masalah itu bisa terselesaikan dengan melakukan servis pada semua becak yang bapak miliki. Dengan bertambahnya becak yang dimiliki bapak, penghasilan pun bertambah. Akhirnya bapak memiliki inisiatif untuk membeli mobil. Mobil ini nantinya juga akan disewakan. Setelah memilih dan mencari informasi tentang mobil, akhirnya bapak memutuskan membeli mobil hari itu. Hari sudah gelap waktu bapak ingin melakukan test drive pada mobil barunya. Bapak membawa mobil itu ke jalan raya. Malang tak dapat dihindarkan. Bapak menabrak pembatas jalan atau trotoar dan mobilnya terbalik. Kecelakaan itu mengakibatkan bapak kehilangan 2 tulang rusuknya karena patah. Selama 2 minggu bapak dirawat di rumah sakit. Alhamdulillah akhirnya bapak kembali sembuh dan bisa beraktifitas lagi.

Suatu hari ibu memberi kabar gembira kepada bapak. Bahwa ibu sedang mengandung anak yang ketiga. Wah betapa senang dan bahagianya bapak saat itu. Karena bapak memang ingin punya banyak anak. Pada saat mengandung itu, ibu sangat dimanjakan sama bapak dan juga semua penarik becak milik bapak. Saat ibu ngidam, pegawai yang menarik becak berebut untuk memenuhi keinginan ibu. Setiap hari mereka membawa banyak makanan dan buah-buahan untuk ibu. Semua keinginan ibu selama hamil selalu terpenuhi. Ibu menjadi wanita hamil yang paling bahagia. Ibu memiliki rencana ingin melahirkan di Cirebon, kampung halaman bapak. Bapak memiliki rumah besar di Cirebon. Rumah yang dibangun dari penghasilan bapak selama di Jakarta. Semua telah dipersiapkan disana. Akhirnya memasuki usia kandungan 8 bulan, ibu kembali ke Cirebon bersama bapak. Seminggu sekali bapak ke Jakarta untuk mengambil uang setoran becak.

Saat semua orang terlelap malam itu, tiba-tiba dikejutkan dengan suara orang berteriak “kebakaran kebakaran”. Ternyata rumah bapak dan ibu terbakar. Bapak langsung mengamankan ibu dan 2 anaknya. Mereka diamankan keluar jauh dari lokasi kebakaran. Ibu menangis. Sedih sekali disaat usia kandungan sudah memasuki usia 9 bulan harus mendapatkan musibah. Habis semua rumah dan seisinya dimakan api.

Setelah peristiwa kebakaran itu, ibu meminta pulang ke kampung halamannya yaitu Yogyakarta. Bapak memang membeli rumah di kampung ibu seluas 200 m2. Tapi rumah disana masih berupa rumah bilik atau terbuat dari bambu. Rumah yang masih sangat sederhana. Karena semenjak beli, bapak tidak memiliki kesempatan untuk merenovasinya. Sementara uang bapak habis ikut terbakar waktu itu. Dengan sisa sedikit uang, bapak, ibu dan anak-anaknya kembali ke Jogjakarta. Pada tanggal 20 Juni 1972 lahirlah kakakku Suparman. Kakakku terlahir di Jogjakarta. Setelah usia 3 bulan, bapak memboyong ibu kembali ke Jakarta karena tidak tega melihat ibu tinggal di rumah yang sangat sederhana. Bapak kembali ke Jakarta karena ingin mengurus kembali becak yang ditinggalkannya. Tahun demi tahun berganti dan bapak pun dikaruniai lagi anak ke empat, yaitu Herman. Kebahagiaan bapak dan ibu masih sama seperti mereka baru pertama kali memiliki anak.

Usaha bapak semakin berkembang. Setoran tiap hari pun semakin bertambah. Sampai akhirnya terjadi pergantian gubernur Jakarta waktu itu. Bapak Ali Sadikin yang menjadi gubenur Jakarta waktu itu. Bapak gubernur memiliki kebijakan baru dengan melarang becak beroperasi di Jakarta. Karena dianggap terlalu banyak becak berkeliaran di Jakarta. Kebijakan itu menimbulkan gejolak di masyarakat. Tapi rakyat tidak bisa berbuat banyak. Begitupun dengan bapak. Akhirnya usaha bapak pun lama kelamaan mengalami kebangkrutan. Karena satu demi satu becak berhenti beroperasi dan tidak ada lagi setoran dari becak. Sekuat apapun bapak berusaha bertahan, tapi kebangkrutan itu tidak bisa terhidarkan lagi. Di tengah keputusasaan itu, bapak dan ibu memutuskan kembali ke kampung halaman ibu di Jogjakarta.

 

BY KUSRINAWATI

26 Feb 2021

STORY OF THE DAY


     Tak terasa hari ini tanggal 26 Februari 2021 menjadi hari ke-26 dalam lomba menulis di blog PGRI. Adanya lomba blog PGRI ini kuketahui tanpa sengaja saat membuka grup guru menulis. Grup guru menulis ini tidak aktif kuikuti karena menurutku menulis itu sulit sekali. Aku takut untuk menulis sesuatu yang hasilnya ternyata tak layak dibaca. Ketakutan ini yang menjadi momok buatku dalam menulis.

    Pengumuman lomba blog PGRI berupa tulisan yang setiap hari diposting di blog pribadi dan PGRI dimulai tanggal 1-28 Februari 2021. Jadi tantangan terbesarnya adalah kita wajib menulis di blog kita setiap hari dengan ketentuan 300-1500 kata. Aku pesimis bisa lulus dari kegiatan lomba ini. Karena aku tidak pernah menulis apapun sebelumnya. Tetapi aku sangat tergiur dengan penghargaan yang diberikan dalam lomba ini yaitu akan diterbitkan menjadi buku solo ber-ISBN. Wow itu impianku.

    Menulis artikel dalam blog kelihatannya sangat mudah, apalagi ini adalah blog pribadi yang isinya sesuai keinginan kita. Kita bebas menuliskan apapun dalam blog. Walau terkadang malu untuk membagikan link blog yang berisi tulisan sendiri, tapi aku tetap melakukannya walau sekedar status WA. Postingan demi postingan mengalir setiap harinya. Tanpa terasa sudah mencapai hari ke-26 dan tulisan ini menjadi tulisan ke-26 yang akan kuposting. 

    Saat ini aku tidak memiliki ide untuk menulis. Aku merasa bingung dengan materi apa yang akan kusampaikan dalam postinganku kali ini. Aku mencoba merangkai setiap kalimat agar menjadi sebuah cerita yang menarik. Hari ini aku mengikuti 2 pelatihan sekaligus via zoom. Pelatihan ini adalah tentang Pemanfaatan Canva untuk PJJ dan Pembuatan Aplikasi Penilaian Berbasis Akun Google Suite/Akun Pembelajaran. Kedua pelatihan ini sangat menarik perhatianku. Aku rela meluangkan waktu istirahat siang untuk mengikuti penjelasan para mentor kegiatan ini.

    Aplikasi Canva merupakan sebuah aplikasi yang tidak asing bagiku. Karena aku sering menggunakannya untuk membuat poster, desain infografis bahkan membuat video pembelajaran. Aku sangat senang mengikuti diklat canva untuk pjj ini karena aku jadi lebih paham tentang detil-detil dalam aplikasi canva yang sebelumnya belum kuketahui. 

    Kegiatan lain di hari ini adalah tentang aplikasi penilaian berbasis akun google suite. Ini merupakan suatu aplikasi penilaian yang dibuat dengan google form, tetapi hasilnya bisa kita tuangkan dalam format laporan nilai dan berita acara. Penggunaan google form sudah lazim. Template untuk membuat isi hasil dari google form ini terhubung ke dalam template hasil penilaian merupakan hal baru bagiku. Ini adalah penjelasan hari pertama dalam kegiatan diklat yang akan berlangsung selama 4 hari. Rumus yang digunakan di dalamnya cukup menarik perhatian dan membuatku penasaran untuk segera mempraktekkannya. Apalagi minggu depan, yaitu mulai tanggal 1 Maret 2021 akan dimulai kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS). Tentunya kegiatan ini sangat pas untuk segera diterapkan. 

Marilah kita selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kita untuk menunjang kegiatan PJJ dan peningkatan hasil belajar siswa. Tetap semangat di masa pandemi.


BY KUSRINAWATI

    

25 Feb 2021

MY FIRST CAKE


     Memasak adalah suatu kegiatan yang identik dengan kaum wanita. Suka atau tidak suka memasak, memaksa wanita untuk tetap bisa melakukannya. Hal ini tak lepas dari kodrat wanita sebagai ibu rumah tangga. Apapun pekerjaan diluar rumah, di rumah tetaplah seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus rumah, mengurus anak, menyiapkan makanan dan beberes rumah. 
    Semasa SMA adalah terakhir kalinya aku belajar memasak. Seminggu sekali aku belajar memasak dengan dipandu oleh ibu. Hanya di hari libur saja aku belajar memasak. Karena di hari lain, aku harus fokus belajar dan belajar agar nilaiku tetap bagus. Apabila nilaiku bagus, maka beasiswaku akan terus berlanjut. Alhamdulillah dulu aku mendapatkan beasiswa prestasi sejak SMP.
    Berbagai jenis sayuran aku pelajari. Memasak sayur sop adalah kesukaanku. Karena relatif cepat dan mudah sekali. Meskipun baru taraf belajar memasak, aku harus memasak dalam porsi yang banyak. Aku terlahir sebagai anak ke 5 dari 6 bersaudara. Jadi kami adalah keluarga besar. Masakanku termasuk lumayan. Itu menurut saudara-saudaraku dan orangtuaku. Beragam jenis masakan dari yang bersantan, kering, dan kuah bening aku buat. 
    Suatu hari aku bilang kepada ibuku bahwa aku ingin membuat kue. Apa saja yang harus dipersiapkan? Begitu tanyaku pada ibu. Ibu mengatakan kalau ibu tidak bisa memasak kue. Sehingga tidak bisa mengajariku. Alat-alat untuk membuat kue pun tak punya. Seandainya aku terlahir di jaman millenial, mungkin semua itu tidak menjadi masalah buatku. Aku bisa mencari di google tentang berbagai resep membuat kue. 
    Setelah lulus SMA aku tidak lagi belajar memasak. Walaupun hari libur, aku gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah yang cukup banyak menyita waktu. Perkuliahan yang kujalani memiliki jadwal yang cukup padat. Melihat aku yang sangat fokus kuliah membuat ibu tidak tega untuk memintaku memasak saat libur kuliah. Aku sendiri juga ingin terus meningkatkan nilai IPK ku agar beasiswaku terus berlanjut. Yaaa...saat kuliahpun aku masih mendapatkan beasiswa prestasi. Setelah lulus kuliah aku merantau dan bekerja di Serang Banten. Di perantauan ini aku menemukan jodohku.
    Setelah menikah, aku menjalani hari-hariku sebagai ibu rumah tangga yang harus menyiapkan makan setiap hari untuk anak-anak dan suami. Berbagai resep yang ada di google aku coba. Hingga suatu hari kakak iparku datang dengan membawa pisang ambon cukup banyak. Kakak iparku rupanya sedang panen pisang. Alhamdulillah rejeki. Pisang itu sebagian kubagi-bagikan ke tetangga dan kubawa ke tempat kerjaku. Melihat pisang diatas meja makan, aku menjadi teringat waktu SMA saat keinginanku membuat kue tak terlaksana. Aku coba browsing di internet tentang cara membuat kue bolu pisang sederhana dengan alat seadanya. Banyak sekali rupanya resep bolu pisang. Aku memcoba salah satu resepnya dan wow....bentuknya bulat mengembang tetapi tidak bantat. Kuenya lembut dan manis. Anak-anakku pun suka. Itulah kue hasil karya pertamaku di usia 43 tahun. Tak ada kata terlambat untuk belajar.

By KUSRINAWATI
    
    

24 Feb 2021

HIPOGLIKEMIA

    Pada tanggal 10-22 Oktober 2010 adalah waktu bersejarah bagiku dan teman-teman seangkatan CPNS. Selama kurang lebih 2 minggu kami ditempa di Marina Anyer untuk bisa melepaskan huruf "C"yang melekat pada CPNS. Hal ini berarti bahwa kami sudah sepenuhnya menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Rasa suka cita membuncah waktu pengumuman kelulusan Pra Jabatan itu. Kamipun pulang dengan penuh kegembiraan. 

    Kelulusan dari Pra Jabatan CPNS ini mengharuskan kami untuk segera melakukan pemberkasan yang didalamnya terdapat laporan kesehatan fisik. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSUD Kabupaten Serang dengan jadwal yang telah ditentukan. Sebelum dilakukan medical check up, kita harus berpuasa (puasa makan) terlebih dahulu. Di RSUD dilakukan pemeriksaan darah, urin dan juga rontgen thorax. Hasil pemeriksaan ini baru bisa diketahui 2 hari berikutnya. Singkat cerita, waktu pengambilan hasil medical check up pun tiba. Ada seorang dokter yang menunggu dan mengulas tentang hasil medical check up milikku. Sementara yang lain langsung mengambil laporan tanpa perlu berhadapan dengan dokter, aku harus menemui dokter untuk mengambil hasilnya.

    Kegelisahan menimpaku saat itu. Rasa takut dan khawatir dengan hasil tes kesehatanku membuat keringat dingin mengucur deras. Tanpa terasa baju dan kerudungku basah karenanya. Dokter tersenyum padaku dan mempersilakan aku untuk duduk. Beliau membuka hasil tes milikku dan mengatakan bahwa aku menderita "HIPOGLIKEMIA". Hasil tes darah menunjukkan hal itu. Aku diharapkan untuk selalu waspada. Aku terdiam dan tidak percaya. Dokter memberiku beberapa saran untuk mengatasi hipoglikemia ini.

    Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal. Seseorang dikatakan mengalami hipoglikemia ketika kadar gula darahnya kurang dari 60 mg/dl. Hipoglikemia yang terlambat ditangani bisa mengakibatkan penurunan kesadaran dan kejang, hingga kerusakan permanen pada otak. Meski sering kali terjadi pada pasien diabetes akibat pengobatan yang dijalani, hipoglikemia juga bisa dialami oleh orang yang tidak menderita diabetes. Aku tidak memiliki riwayat diabetes. Kadar gula darahku yang rendah ini tidak separah yang aku pikirkan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hipoglikemia ini antara lain :

  • Mengkonsumsi larutan air gula atau makanan tinggi gula seperti permen
  • Larutan air gula dapat dibuat dengan cara melarutkan 2 sdm gula pasir kedalam satu gelas air putih
  • Jika setelah 15 menit keluhan hipoglikemia masih tetap ada, minum kembali larutan air gula atau makanan tinggi gula
  • Jika hasil pemeriksaan kadar glukosa darah sudah mencapai normal, maka segera mengonsumsi makanan utama atau selingan
  • Segera berkonsultasi dengan Dokter.
Kemanapun aku berada harus selalu membawa permen. Semua demi menjaga kadar gula darahku agar tidak drop. Sebulan kemudian aku kembali cek darah dan alhamdulillah kadar gula darahku normal kembali. Lega rasanya....marilah kita selalu menjaga kesehatan agar kita bisa tetap berkreasi dan berprestasi.

By KUSRINAWATI

23 Feb 2021

Refleksi Pembelajaran Jarak Jauh

    Masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) sudah berlangsung beberapa bulan hingga sekarang dan berdampak pada seluruh aspek kehidupan mulai dari segi ekonomi, sosial, politik dan termasuk didalamnya bidang pendidikan. Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah memutuskan  bahwa kegiatan pembelajaran selama masa pandemi beberapa bulan ini dilaksanakan di rumah (BDR).

    Kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama beberapa bulan ini tentunya menimbulkan berbagai tantangan baru bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah, para pendidik, orang tua dan tentunya terhadap para peserta didik itu sendiri. pada saat pertama kali kegiatan pembelajaran jarak jauh di launching terdapat pro dan kontra terhadap kebijakan pemerintah tersebut.  Pada awal pelaksanaan PJJ yang diputuskan sangat mendadak karena situasi dan kondisi awal pandemi yang sangat mengkhawatirkan oleh wabah yang dikabarkan sangat ganas di berbagai media telah menelan banyak korban. Sehingga pelaksanaan pembelajaran diputuskan untuk dilaksanakan dari rumah walaupun persiapan pelaksanaan pembelajaran itu sendiri belum siap. Baik dari segi regulasi, kurikulum, media ajar, dan juga psikis dari guru, peserta didik dan orangtua. Sehingga alhasil proses pembelajaran berjalan ala kadar saja selama berbulan-bulan lamanya hingga satu semester.

    Sejalan dengan berjalannya waktu dan pemberlakuan kebiasaan hidup baru (new normal), maka proses kegiatan belajar mengajar pun mulai bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada. Perlahan tapi pasti, guru-guru sudah mulai menyesuaikan proses pembelajaran jarak jauh melalui moda daring, luring maupun kombinasi. Guru selaku fasilitator dalam kegiatan pembelajaran, mulai nampak meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan pembuatan media ajar, penggunaan aplikasi pembelajaran, dan prosedur penilaian yang sesuai untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh. Karena tuntutan kegiatan pembelajaran jarak jauh terutama penggunaan moda daring/online, guru pun akhirnya dituntut meningkatkan kemampuan dalam bidang IT. Perlahan tapi pasti setelah sekian lamanya kegiatan pembelajaran jarak jauh dilaksanakan, mulai nampak dampak positif dari kegiatan pembelajaran jarak jauh ini yaitu meningkatnya kemampuan guru dalam hal IT. Banyak guru yang awalnya tidak memiliki email menjadi berusaha memiliki bahkan tahu bagaimana cara penggunaannya. Penggunaan google classroom yang tadinya dianggap sesuatu yang tidak mungkin, sekarang sudah menjadi media pembelajaran yang sangat lumrah dilakukan. Penggunaan media ajar sudah sangat variatif tidak hanya menggunakan buku sebagai satu-satunya sumber belajar tetapi sudah menggunakan video, film, dan referensi lainnya yang ada di internet. Proses penilaian pun sudah beralih dari penilaian konvensional menjadi penilaian berbasis aplikasi, dan banyak aplikasi lainnya yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang berbasis IT. 

    Ada banyak dampak negatif dari kondisi pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran jarak jauh diantaranya kebosanan yang menimpa peserta didik, proses pembelajaran yang tidak optimal, pertumbuhan sikap sosial yang terhambat karena kurangnya interaksi antara sesama siswa dan guru, timbulnya keresahan orangtua dalam mendampingi anaknya selama mengikuti pembelajaran, dan berdampak pula pada penurunan kompetensi siswa dalam menyerap materi pembelajaran. Tetapi disisi lain dampak pandemi juga tidak disadari telah meningkatkan kemampuan IT guru dan siswa. Guru menjadi lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran yang tidak terpaku pada satu media dan bahan ajar. Siswa juga menjadi lebih kreatif mencari sumber pembelajaran dari berbagai media. Bisa disimpulkan bahwa setiap kondisi apapun akan selalu memiliki dampak positif dan negatif, tinggal bagaimana kita mensiasatinya. 

SALAM SUKSES SELALU, TETAP BERKARYA DI TENGAH PANDEMI


BY KUSRINAWATI

    



 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes