Indikator Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kelas 9
IPS Genap
- Peserta didik dapat menentukan
     letak Indonesia. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis potensi
     kemaritiman Indonesia. (C4)
- Peserta didik dapat menentukan dinamika
     kependudukan Indonesia. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     Perubahan akibat interaksi antar ruang. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis interkasi sosial.
     (C4)
- Peserta didik dapat menentukan
     pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik Peserta didik dapat menganalisis Kelangkaan dan
     kebutuhan manusia. (C4)
- Peserta didik dapat membedakan
     Permintaan, penawaran, pasar dan harga. (C2)
- Peserta didik dapat menganalisis
     Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi. (C4)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan penawaran untuk kesejahteraan
     dan persatuan bangsa. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     Kehidupan manusia pada masa praaksara. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     proses persebaran Islam di Indonesia. (C1)
- Disajikan Peta peserta didik
     dapat menganalisis Letak Geografis negara-negara Asean. (C4)
- Peserta didik dapat
     mengidentifikasi Pengaruh kerjasama bidang Eksospolped. (C3)
- Peserta didik dapat
     mengidentifikasi Upaya meningkatkan kerjasama diantara Negara-negara
     Asean. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh
     perkembangan Iptek terhadap perubahan ruang. (C4)
- Peserta didik dapat
     mengidentifikasi Faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     Dampak mobilitas sosial. (C1)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pluralitas
     masyarakat Indonesia (agama, budaya, suku bangsa, dan pekerjaan). (C4)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Konflik dan
     integrasi dalam kehidupan sosial. (C4)
- Peserta didik dapat membedakan
     Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis manfaat
     Perdagangan daerah/antar pulau. (C4)
- Peserta didik dapat
     menganalisis strategi pengembangan agrikultur di Indonesia. (C4)
- Peserta didik dapat menentukan
     reditribusi vertikal dan horizontal. (C3)
- Peserta didik dapat Menjelaskan
     latar belakang kedatangan bangsa barat di Indonesia. (C2)
- Peserta didik dapat Menjelaskan
     Pengaruh monopoli perdagangan terhadap kehidupan masyarakat Indonesia.
     (C3)
- Peserta didik dapat Menjelaskan
     Pengaruh system tanam paksa terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. (C3)
- Peserta didik dapat Menjelaskan
     Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. (C2)
- Disajikan peta, peserta didik
     dapat menunjukkan letak geografis kawasan negara-negara ASEAN. (C2)
- Peserta didik dapat menyebutkan
     negara-negara yang termasuk dalam kawasan Benua Amerika. (C2)
- Peserta didik dapat menentukan
     kondisi alam Negara Jepang. (C3)
- Peserta didik dapat menentukan
     kondisi alam Negara Australia. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Eropa. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     keadaan penduduk negara-negara di Kawasan Afrika. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik peserta didik dapat menganalisis Pengaruh interaksi
     ruang antar Negara terhadap kehidupan (Ekonomi, sosial dan Budaya). (C4)
- Peserta didik dapat membedakan
     bentuk perubahan sosial. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis dampak
     globalisasi. (C4)
- Peserta didik dapat mengemukakan
     upaya dalam menghadapi Globalisasi. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis faktor
     Penghambat perdagangan internasional. (C4)
- Peserta didik dapat
     mengklasifikasi manfaat perdagangan Internasional. (C3)
- Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik
     peserta didik dapat menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif. (C4)
- Peserta didik dapat
     mengidentifikasi manfaat persaingan sebagai peluang untuk meraih
     keunggulan ekonomi Bangsa. (C3)
- Disajikan
     Ilustrasi/gambar/grafik, peserta didik dapat menganalisis pengaruh pusat
     keunggulan ekonomi. (C4)
- Peserta didik dapat
     mengidentifikasi tujuan utama MEA. (C1)
- Peserta didik dapat
     membandingkan bentuk globalisasi bidang budaya. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan
     Kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer. (C2)
- Peserta didik dapat
     mengidentifikasi perkembangan ekonomi Indonesia pada masa demokrasi
     terpimpin. (C2)
- Peserta didik dapat
     mengidentifikasi perkembangan politik Indonesia pada masa Orda Baru. (C2)
- Disajikan Ilustrasi/gambar/grafik,
     peserta didik dapat menganalisis tentang lahirnya gerakan reformasi. (C4)



 

 3/09/2021 10:05:00 pm
3/09/2021 10:05:00 pm
 KUSRINA
KUSRINA
 

 
 
 
 
 
0 komentar:
Post a Comment